PENERAPAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS III DI SD NEGERI ASEMBAKOR 1

Authors

  • Rizqiyanti Nur Karimah Universitas Panca Marga
  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti Universitas Panca Marga
  • Faridahtul Jannah Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25028

Keywords:

learning outcomes, IPAS, diorama media

Abstract

Variabel yang berkontribusi dalam penelitian ini meliputi rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya antusiasme siswa, kecenderungan mereka untuk mudah bosan, ketidaktertarikan mereka dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung, dan kurangnya media yang menarik selama proses pembelajaran. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menggunakan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas tiga di Sekolah Dasar Asembakor 1 di bidang siklus hidup hewan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metodologi penelitian yang digunakan. Tujuh siswa kelas tiga dari Sekolah Dasar Asembakor I menjadi subjek penelitian. Dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua sesi digunakan untuk melakukan penelitian ini. Empat fase penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus: perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi, dengan mengumpulkan informasi menggunakan alat seperti evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian kompetensi. Penelitian ini dilakukan dalam dua putaran antara 15 Februari 2025 dan 22 Februari 2025. Temuan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar siswa. Sebanyak 3 siswa tuntas dalam kegiatan tersebut, sehingga persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42,8%. Pada siklus II, semua siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 100%. Penggunaan media pembelajaran berupa media diorama menyebabkan hasil belajar siswa meningkat .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, Komang Surya, and Gusti Ngurah Arya Yudaparmita. 2023. “Students in elementary school are becoming more interested in learning science because to picture media." Journal of Elementary Education in Education, 4(1): 61.

Fadilah, Aisyah et al. 2023. “Understanding media, including its goals, functions, advantages, and the pressing need to learn it." Student Research Journal (JSR) 1(2): 1–17.

Hasan, Muhammad et al. 2021. Tahta Media Group Media Pembelajaran.

Hasibuan, Panarengan, Rezki Azmi, Dimas Bagus Arjuna, and Sri Ulfa Rahayu. 2023. “Observational Method Analysis of Air Temperature Measurements Garuda." Journal of Community Service (ABDIMAS) 1(1): 8–15.

Husein, B H. 2020. Semarang: Fatawa Media Pembelajaran Efektif.

Indrastuti, Noor. 2008. “Animal Life Cycle and Rare Animal and Plant Conservation Initiatives.” : 329.

Jannah, Faridahtul, Shofia Hattarina, and Dyah Ariyanti. 2023. “Penerapan Permainan Edukatif Sebagai Budaya Belajar Digital dalam Pembelajaran Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(5): 5523–30.

Kemendikbud. 2022. “Natural and Social Sciences (IPAS) Elementary-High School”. Independent Teaching. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/.

Kisma, Ayu Dandini, Fina Fakhriyah, & Imaniar Purbasari. 2020. “The Application of Diorama Learning Resources to Enhance Grade IV SD Negeri 2 Hadipolo Students' Concept Understanding.” NATURALISTIC: Journal of Educational Research and Learning Studies, 5(1): 635–42.

Krisnayanti, I Ga Ayu Anggela Heni, & Sendi Wijaya. 2022. “The Impact of Instructor Performance on the Science Learning Outcomes of Fifth-Grade Elementary School Students at XYZ School." Ilmiah Mandala Education Journal, 8(2): 1776–85.

Nida’ul Ummah, Alfina. 2022. “The Evolution of Heroism Diorama Media to Help Students in Grade V Elementary School Learn to Write Poetry.” 4(1): 1556–65.

Pentianasari, Sherli, and Ade Firmannandya. 2022. “The Use of Diorama Learning Media to Improve Science Learning Outcomes of Grade V-F Students at SDN Tanah Kelikedinding V Surabaya.” Journal of Education 1(1): 534–51.

Sanga, Laurensius Dihe, & Yvonne Wangdra. 2023. “One of the factors influencing national competitiveness is education." The National Seminar on Social Sciences and Technology Proceedings (SNISTEK) 5(September): 84–90.

Sriwijayanti, Ribut Prastiwi, Rysca Siti Qomariah, and Shohibuddin. 2020. “"Autoplay Media Development on Plant Part Structure Material to Enhance Student Learning Outcomes in Probolinggo Regency Elementary Schools." EDUKASIA: Journal of Education and Learning 2(1): 1–12.

Downloads

Published

2025-01-06

Most read articles by the same author(s)