ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24961Keywords:
spatial structure, learning model, elementary schoolAbstract
This study aims to identify and analyze learning models applied in delivering spatial geometry material in grade V of Elementary School. This study uses a quantitative descriptive approach with the Systematic Literature Review (SLR) method. The data sources in this study are national journal articles obtained from electronic databases indexed in Google Scholar, with publications ranging from 2020 to 2025. Data collection techniques include the stages of data collection, data analysis, and drawing conclusions. The data analyzed are the results of primary studies that have been published in the form of scientific articles. Based on the results of the analysis, it was found that the selection of an appropriate learning model can support teachers in achieving learning objectives and be an effective strategy to improve student competence.Downloads
References
Amsari, P., & Ahda, H. (2023). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 57-65.https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.284
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan e-book dengan aplikasi book creator pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 80–88.http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Apriyani, S., & Agusta, A. R. (2025). Meningkatkan motivasi, berpikir kritis, dan hasil belajar didik menggunakan model pembelajaran "LENTURE" pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN Seberang Mesjid 5. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(3), 871-877.
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran PBL berbantuan media Kahoot pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 790-803.
Fauzi, A., Rahmawati, R., Agustyarini, Y., & Nurhayati, U. (2025). Pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang di kelas V MI. Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 31-43.
Jannah, M. J., Nur, N. F., & Nugroho, K. U. Z. (2024). Model discovery learning berbantuan media Scratch pada materi bangun ruang. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 186-194.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan problematika. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media manipulatif untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1-10.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Munadah, R., Rahayu, P. S., Pranandari, E., Jukia, F., & Rosdianti, V. (2021). Penerapan permainan ular tangga dalam peningkatan hasil belajar geometri bangun ruang di kelas V SD 006 Rambah Samo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 46–56.
Nursalam, Yusuf, A., Kusnanto, H., & Fang, F. S. (2020). Pedoman penyusunan literature dan systematic review. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
Pratiwi, S. E., Harianto, E., & Istiningsih, S. (2024). Penerapan model pembelajaran mind mapping bermedia geogebra untuk meningkatkan kemampuan numerasi materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3083-3089.
Rahmi, E. R., Yumami, E., & Hidayasari, N. (2023). Analisis metode pengembangan sistem informasi berbasis website: Systematic literature review. REMIK, 7(1), 821–834. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12177
Rudiyana, Kuswandi, S., & Nurzaman, D. R. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep SDN Mekarjaya I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 190–201.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.
Sayekti, W. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Kumpulan 100 soal dan pembahasan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung. CV. Madani Jaya.
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa materi bangun ruang menggunakan kombinasi model problem based learning, numbered head together dan course review horay dengan media bangun ruang kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model).
Wiryanto. (2020). Proses pembelajaran matematika di sekolah dasar di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 1–8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352/4127
Yohanes, B. (2020). Matematika sekolah. Elmatera.
Yurita Okti Suwartini, M. Y. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 5 mata pelajaran matematika jaring-jaring bangun ruang kubus dan balok menggunakan model PjBL di SD Negeri Grati 02 Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3258-3267.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.