INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH DI SMA IT DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24949Keywords:
Religious Moderation, Internalization of Values, Islamic Jurisprudence LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Fikih di SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Fikih, peserta didik, dan kurikulum sekolah. Internalisasi nilai dilakukan melalui tiga tahapan: transformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai moderasi yang mencakup sikap tawasuth, tawazun, i’tidal, tasamuh, dan musawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fikih yang berlandaskan lintas mazhab dan berbasis praktik mampu menumbuhkan sikap keberagamaan yang toleran dan inklusif di kalangan siswa. Faktor pendukung utama adalah pendekatan pembelajaran kontekstual dan keteladanan guru, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan literasi moderasi dan pengaruh lingkungan luar. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai wasathiyah dalam pendidikan Islam untuk mencegah berkembangnya paham keagamaan ekstrem serta membentuk generasi Islam yang moderat dan berwawasan kebangsaan.Downloads
References
Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 729–736.
Achadi, M. W. (2020). Fundamentalisme dalam Islam. JurnalAl Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 3(1), 74–88.
Al-Syaibany, O. M. A.-T., Al-Syaibany, O. M. A.-T., & Langgulung, H. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Gunawan, H., Mahmud, M. S., & Nurshobah, A. (2021). Implementation of religious moderation education at Islamic boarding school of Darussalam Ciamis. International Journal of Education and Research, 9(10), 117–128.
Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT dan Cyber Culture. Imtiyaz.
Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, W., Suhendar, W. Q., … Yani, M. T. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Delta Pijar Khatulistiwa.
Hidayat, A., & Rahman, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 22 Padang. Islamika, 4(2), 174–186.
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah: identifikasi pada silabus. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 11–25.
Moleong, J. (2006). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.
Shihab, M. Q. (n.d.). Tafsir Al Mishbah.
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Visvizi, A., Lytras, M. D., & Sarirete, A. (2019). Emerging Technologies and Higher Education: Management and Administration in Focus. Management and Administration of Higher Education Institutions at Times of Change, pp. 1–12. https://doi.org/10.1108/978-1-78973-627-420191001
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.