KONSEP PENDIDIKAN ADAB MENURUT IMAM ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM

Authors

  • Qodliyah Amanatil Husna Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fahmi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24926

Keywords:

Pendidikan Islam, Az Zarnuji, Ta'lim Al Muta'allim

Abstract

Di tengah meningkatnya degradasi moral dalam dunia pendidikan modern, pentingnya adab sebagai fondasi pembelajaran dalam Islam kembali menjadi perhatian utama. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan adab menurut Imam Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lîm al-Muta’allim serta mengevaluasi relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka dengan teknik dokumentasi dan analisis isi terhadap teks primer dan literatur pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Az-Zarnuji merumuskan adab belajar dalam sejumlah aspek, seperti pelurusan niat, pemilihan ilmu dan guru, penghormatan terhadap ulama, keseriusan belajar, istiqamah, tawakal, dan wara’. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan adab tidak hanya berperan dalam pembentukan akhlak, tetapi juga mendukung keberhasilan proses kognitif dan spiritual peserta didik. Penelitian ini memperkuat gagasan pendidikan Islam sebagai proses integratif antara ilmu dan moralitas, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan model pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai tradisional Islam. Studi selanjutnya disarankan untuk menggali penerapan praktis nilai-nilai adab ini di lembaga pendidikan formal melalui pendekatan lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Az-Zarnuji, S. (2009). Ta’lim Muta’allim, terj. Abdul Kadir Al-Jufri, Surabaya: Mutiara Ilmu.

Faisal Tehrani, & ISEAS-Yusof Ishak Institute. (2021). Naquib Al-Attas’ Islamization of knowledge : its impact on Malay religious life, literature, language and culture.

Ibrahim, F. I., & Haryanto, B. (2020). Islamic Education Concept Syed Muhammad Naquib Al Attas. Academia Open, 3, 10–21070.

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13.

Kholil, M., Rahman, A., & Anshory, M. I. (2024). O f a h, 4(September), 3556–3574.

Mahendra, B. P. (2021). Ideal Teacher in the View of Az-Zarnuji and Al-Ghozali. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 67–76.

Muhammad Ardiansyah, Didin Hafidhuddin, Endin Mujahidin, & Nirwan Syafrin. (2019). The concept of adâb by Syed Muhammad Naquib al-Attas and its relevance to education in Indonesia. Ibn Khaldun Journal of Social Science, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.32832/ikjss.v1i1.

Mulya, A. S., & Hanifah, S. A. (2025). INTEGRASI ILMU DAN ADAB DALAM PENDIDIKAN DIGITAL : REFLEKSI PERTEMUAN ZOOM DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 608 | Annisa Syifa Mulya , Syifa Aulia Hanifah, 3.

Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep adab peserta didik dalam pembelajaran menurut az-zarnuji dan implikasinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208.

Ramdhani, K., & Zulfa, L. N. (2020). THE INFLUENCE OF TAâ€TM LIM MUTAâ€TM ALIM UNDERSTANDING TO THE DEVELOPMENT OF SANTRI CHARACTER (Research on Nurussalam Islamic Boarding School Medangasem Jayakerta Karawang). TAWASUT, 7(1).

Sari, D. P., & Sutarto, S. (2023). Academic stress coping strategies using spiritual approaches to improve student resilience. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 9(1), 101–111.

Thohari, M. H., Pangesthi, S., Naryaningsih, P. D., & History, A. (2025). Studi Literatur tentang Adab Siswa terhadap Guru: Implikasi Psikologis, Sosial, dan Pendidikan, 5(4), 986–994.

Wahda, J. (2015). Sistem pendidikan nasional indonesia tidak mengenal ‘adab’ jihad wafda. Jurnal TAWAZUN, 8(1), 103–116.

Wasyik, T., & Muhid, A. (2020). The Urgency of Classical Learning Motivation in the Millennial Era: Al-Zarnuji’s Perspective. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 324–341.

Zaim, M., & Masyruhin, A. (2020). Pemikiran Pendidikan Al-Zarnuji (Rekontruksi Epistimologi Pendidikan Modern Berbasis Sufistik-Etik). Muslim Heritage, 5(2), 305.

Downloads

Published

2025-05-23