EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA

Authors

  • Risna Aliah Saputri Universitas Negeri Makassar
  • Aulia Syahrani PBSI FBS Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq PBSI FBS Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24917

Keywords:

Mind Mapping, Pemahaman Bacaan, Metode Pembelajaran

Abstract

Keterampilan yang diperlukan untuk mempelajari makna dan tujuan membaca disebut pemahaman membaca. Kemampuan ini tidak muncul sejak lahir, tetapi merupakan hasil pembelajaran dan proses praktis untuk mengenali banyak huruf yang bermakna. Keterampilan pemahaman membaca sangat penting untuk memahami ilmu pengetahuan, informasi, dan sejarah, terutama di zaman sekarang ini di mana banyak informasi diungkapkan melalui tulisan. Metode mind map dapat merangsang proses berpikir kreatif dan divergen, yang sangat penting bagi perkembangan kognitif pelajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penggunaan metode Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui analisis pustaka dengan menggunakan metode kualitatif denga pendekatan studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis beragam sumber ilmiah mengenai efektivitas metode pembelajaran Mind maping dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Melalui pendekatan studi literatur, penelitian ini menegaskan bahwa mind map adalah strategi pengajaran yang relevan dan aplikatif untuk meningkatkan pemahaman bacaan. Oleh karena itu, pendidik disarankan untuk mengintegrasikan teknik mind maping ke dalam proses pembelajaran agar kemampuan literasi siswa dapat berkembang secara optimal. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa model Mind map merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca, khususnya dalam memahami teks deskripsi, serta membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, N., Fatmawati, A. W., Arifah, N. N., Ratnaningsih, A., & Pujiyanti, D. (2024). Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan Siswa di Sekolah Dasar. 09.

Ampuni, S. (1998). PROSES KOGNITIF DALAM PEMAHAMAN BACAAN. Buletin Psikologi, 2.

Imron, A., & Mahfudhoh, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. TARBAWIYAT, 3(02), 140–156. https://doi.org/10.62589/t.v3i02.340

Karim, N. I., Novirianti, A., & Viratama, I. P. (2025). Pengaruh Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Baca Siswa di SD/MI. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1263

Karimah, N., Ngatmini, & Kurniawan, L. A. (2023). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik SMPN 5 Pati. Simpati, 2(1), 162–175. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i1.519

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Lestari, M. R. D. W., Sumantri, M. S., & Supena, A. (2022). Pengajaran Pemahaman Bacaan. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI).

Wahyunitasari, E. D., Sopingi, I., & Musfiroh, A. (2023). Analisis Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Perekonomian Indonesia: Sebuah Pendekatan Library Research. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.33752/jies.v4i2.5749

Widiyono. (2021). ”Mind Mapping” Strategi Belajar yang Menyenangkan. Lima Aksara.

Downloads

Published

2025-06-06