Pengembangan Video Animasi MUALA (Murrotal Al-A’la) tentang Surat Al-A’la pada Pembelajaran PAI Kelas 6 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24901Keywords:
Video Animasi, Murrotal Al-A'la, Pembelajaran PAI, Model ADDIEAbstract
Artikel ini membahas pengembangan video animasi Muala (Murrotal Al-A'la) yang ditujukan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas 6 SD. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap Surat Al-A'la. Metode yang digunakan dalam pengembangan video ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam tahap analisis, peneliti mengidentifikasi kebutuhan siswa dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Desain video meliputi pemilihan elemen visual dan audio yang sesuai untuk menarik perhatian siswa. Proses pengembangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi animasi yang memungkinkan pembuatan konten yang interaktif dan menarik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa video animasi Muala mendapatkan respon positif dari guru dan siswa, dengan tingkat kevalidan yang tinggi berdasarkan penilaian ahli media dan materi. Video ini diharapkan dapat menjadi alternatif efektif dalam proses pembelajaran PAI, membantu siswa tidak hanya memahami isi Surat Al-A'la tetapi juga menumbuhkan minat belajar mereka terhadap pelajaran agama. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi ini berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan agama di sekolah dasar.Downloads
References
Aeni, A. N., Khairunnisa, K., Lestari, L. R., & Ramadhina, R. (2023). Penggunaan MIPA (Media Interaktif Petualangan Ali) Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Materi Dakwah di SD Kelas 6. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 827. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2090
Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Ardy, F., Journal, D., Education, O., Ajar, P. B., Tegeh, M., & Kirna, M. (1829). ______________________________________________________________________ Pengembangan Bahan Ajar .................................... I Made Tegeh dan I Made Kirna (12 - 26). Cendikia, 2(1), 75–87.
Cholifah, T. N., & Saputro, G. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidam (Video Animasi) Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 120–130. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1613
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2020). Richey & Klein (dalam Ellis & Levy, 2010) dapat berupa pengembangan alat baru, produk, atau sebuah proses. Dalam penelitian ini hal yang dikembangkan adalah sebuah produk yaitu majalah perpustakaan digital. 32–39.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.