PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA KARTU SUKU KATA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24891Keywords:
Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Suku Kata, PTK.Abstract
Bahasa Indonesia merupakan aspek terpenting dalam dunia pendidikan. Dimana bahasa mempunyai peranan terpenting yang menjadi fondasi utama peserta didik dalam memahami berbagai bidang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa SDN Srengseng Sawah 12 Pagi melalui kartu suku kata. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, tes pemahaman, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila mencapai persentase 66%-79% dengan kategori baik. Dengan demikian, kemampuan membaca siswa kelas I SDN Srengseng Sawah 12 Pagi, kemampuan membaca permulaan siswa melalui media kartu suku kata dapat dikatakan berhasil karena secara klasikal, penilaian pada siklus akhir mencapai persentase hingga 92%.Downloads
References
Ain, R. N., & Ain, S. Q. (2024). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 1029–1036. https://jurnaldidaktika.org
Desta, M. A. (2020). An Investigation into Teachers Practices of Teaching Early Reading and Practical problems in Its Implementation. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(1), 97. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v5i1.608
Fitriyani, E. A., Azzahrah, A., Utami, N. C. M., & Dallion, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Ctl Siswa Kelas Ii Sdn Tanjung Priok 01. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 224–232. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.959
Khalida, P., & Sari, I. P. (2022). Efektivitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 43. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).43-52
Kua, M. Y., Susanto, E., Imaningtyas, Sya’ban, M. F., Nurdin, Sardin, Hanifah, & Zega, Y. (2023). Strategi Belajar Mengajar dari Teori Hingga Aplikasi (Issue June 2023).
Maulida, S. R., & Wiranti, D. A. (2024). Efektivitas Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 di SD N 2 Mantingan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dalam memahami semua bidang pelajaran yang diajarkan di kelas , m. 7(3), 454–464.
Nenu, M. A. R., Kaka, P. W., Sayangan, Y. V., & Laksana, D. N. L. (2024). Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdk Wolomeli. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 557–570. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3447
Putri, B. E., Mahendra, Y., & Suprapto, I. (2024). The Effectiveness of Flashcard Media in Enhancing Indonesian Language Proficiency in Elementary Schools : A Systematic Literature Review. 7(3), 392–402.
Suhaidi, Sukendro, & Nugraha, U. (2024). Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelas 1 Sd Negeri 207/Viii Sungai Alai. 09, 4246–4258.
Sukamto, Widayati, M., & Sudiyana, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kompetensi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2465–2474.
Suyadi, S., & Sari, R. P. (2021). Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 174. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.49800
Tanjung, C. F. P., & Anas, N. (2023). Pengaruh Pemberian Media Kartu Suku Kata Terhadap Kemampuan Kualitas Membaca pada Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1513–1522. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.476
Waridah, W., Irmayanti, I., & M. Akip. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 95–102. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1074
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.