Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pendidikan kewarganegaraan Pada Tema Sejarah Peradaban Indonesia Melalui Metode Peta Pikiran Siswa Kelas VI UPT SPF SD Negeri Melayu Kota Makassar

Authors

  • Nur Wahidah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur salam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Risma wati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24874

Keywords:

metode peta pikiran, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah interaksi pada pembelajaran dalam kelas relatif masih rendah dan masih berlangsung satu arah. Selain itu, kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menjadi faktor yang mempengaruhi siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengikuti efektivitas penggunaan metode peta pikiran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Melayu Kota Makassar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Melayu. Data diperoleh melalui observasi dan tes, yang kemudian dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata_rata siswa memperoleh nilai 70 dengan tingkat ketuntasan 52%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 82 dengan tingkat ketuntasan 85%. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran.Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta pikiran merupakan metode pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adimah, N. (2022) ‘Penggunaan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan’, Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan pembelajaran, 2(1), pp. 9–15. Available at: https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1536.

Agrifina, V. F., Vrisilia, V., Agustina, L. N., Supriyadi, S., & Izzatika, A. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 414-431.

Amir, A. N. (2021). Masuknya islam ke Nusantara (Melayu-Indonesia):: Al’Adalah, 24(2), 93103. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i2.74

Andi Sugiati & Jumiati Nur (2017) ‘meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penggunaan Metode Simulasi pada Murid Kelas V Sedolah Dasar 277 Sarecoppeng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng’, III(1), pp. 75–84.

Aprilian, D. (2024). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV A SD negeri panaikang II.

Aslan, A. (2019). Sejarah perjalanan kurikulum pendidikan islam Malaysia..TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 29–45.

Aslan, A., & Hifza, H. (2019a). Problems in The Thai Patani Malay Islamic

Education. Al-Ulum,19(2), 387–401

Aslan & Hifza. (2019b). Kurikulum Pendidikan Masa Penjajahan Jepang Di Sambas. Edukasia Islamika, 4(2), 171188. https://doi.org/10.28918/jei.v4i2.2295.

Azizah, A. (2021) ‘penringnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran’, Jurnal prodi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Buzan, Tony. 2020. Buku pintar mind map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Civic, I. et al. (2014) ‘Peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode peta pikiran kelas V’, (67).

Dwijendra, U. and Pendahuluan, I. (2024) ‘Membangun kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan'

Endang, M. (2014) ‘metode penelitian terapan bidang pendidikan’, bandung alfabeta.

Enik Nur Faizah, Dewi Setiawati. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education. Volume 3 no 1.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E.,& Millah, A.. (2023) ‘analisis data dalam penelitian tindakan kelas’, jurnal kreativitas mahasiswa.

Febriyanto, S. A. (2021). Islam dan Rasialisme di Kashmir dalam Kacamata Sejarah. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 4(2), 8282. https://doi.org/10.30829/juspi.v4i2.8426.

Fitriani, A. et al. (2023) ‘Tujuan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan’,Pendidikan dan Riset, 1(1), pp. 29–40.

Fitria, H., kristiawan, M., &.Rahmat, N. (2019) ‘upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas’, adimas unwahas

Hafid, W. (2020). Geneologi Radikalisme Di Indonesia (Melacak Akar Sejarah Gerakan Radikal). Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1), 31–31. https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v1i1.37.

Harman, H., Nelli, J., & Azni, A. (2022). Hukum perkawinan islam di indonesia latar belakang sejarah dan perkembangannya. Ijtihad : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 15(2), 323–323. https://doi.org/10.21111/ijtihad.v15i2.6308.

Harwanti, M.S., Pratiwi, I.A. and Setiawan, D. (2021) ‘Penerapan model Mind Mapping menggunakan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pada siswa kelas IV SD 02 Megawon’, V, pp. 7–12.

Hifza & Aslan. (2019). Problematika Pendidikan Islam Melayu Patani Thailand.

AlUlum,19(2), 387 401. https://doi.org/10.30603/au.v19i2.864 Issa, J. (2019) ‘Sejarah Masuknya Islam di Indonesia’, 8(5), p. 55.

L,silberman melvin (2014) ‘activitu learning 101 cara belajar siswa aktif’,jakarta nuansa cendekia.

Machali, I. (2022) ‘bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru’,Ijar,1(2), 2022-12.https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Madiong, B. (2018) ‘pendidikan kewarganegaraan civic education’, makassar celebes media perrkasa

Magdalena, I., Haq, A.S. and Ramdhan, F. (2020) ‘Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang’, Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), pp. 418–430. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Muharmina, A., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2022). Masuknya Ide-Ide Pembaharuan Pemikiran Islam ke Indonesia dan Pengaruhnya di Bidang Pendidikan, Sosial dan Politik. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 76–80. https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.186

Nurlina, Nurfadilah and Bahri, A. (2021) Teori Belajar dan Pemblajaran, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952

Pernamasari, I. et al. (2024) ‘Keadaan Nusantara Sebelum Masuknya Islam’, Journal of International Multidisciplinary Research, pp. 0–4. Available at: https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr.

Prasetyo, Moh. T. (2023). Islam Dan Transformasi Budaya Lokal Di Indonesia.. Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam, 2(2), 150–162. https://doi.org/10.38073/batuthah.v2i2.1107

Prihantoro, a., hidayat F. (2019) ‘melakukan penelitian tindakan kelas’,ulumuddin jurnal ilmu-ilmu keislaman.

Rohmah, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Jejak Eksistensi Mazhab Syafi`i di Indonesia. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 8(1). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v8i1.6325

Santika, I.G.N. (2020) ‘Menggali dan Menemukan Roh Pancasila secara kontekstual’.

Sucipta, I.M.D. (2024) ‘Pembelajaran menulis cerpen persahabatan dengan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran’, pp. 223–231.

Sundari, E. (2024) ‘Faktor Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi belajar Siswa’, Cendekia Pendidikan, 4(4), pp. 50–54.

Suyanto, S. (2016) ‘Penelitian tindakan kelas (PTK)’, jurnal informasi kimia dan pemodelan https://doi.org/10.37567borneo.v;i2.440

Syamsuriyanti, S. and Aditya, M.F. (2023) ‘Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk Siswa Smk’, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 3(3), pp. 186–196. Available at: https://doi.org/10.51574/jrip.v3i3.1143

Utomo, P., Asvio, N. and Prayogi, F. (2024) ‘Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan’, Pubmedianjurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), p. 19. Available at:https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821.

Wekke, I. S. (2023). HMI dan Hari Masuknya Injil, Mahasiswa Islam di Tanah Papua. Himpunan Mahasiswa Islam Dan Masyarakat Muslim Indonesia, Query date: 2024-09-12 10:11:20. https://doi.org/10.21428/0fe76641.d9200f29

Windura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Downloads

Published

2025-06-10