PENGARUH KONTEKS SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24857Keywords:
communication, socio-culture, speechAbstract
Each culture teaches a different way of thinking and behaving and this becomes one of the determining factors for success in communication. These cultural differences can affect various aspects, including the way a person communicates. This research aims to examine how socio-cultural influences in speech learning. This research is a qualitative research that uses literature study research method. Data sources come from journal articles that are relevant to the research topic. The data were analyzed using Miles and Huberman data analysis technique. The results showed that culture plays a crucial role in shaping individual communication styles as well as in interpreting the messages conveyed. Each culture has unique communication norms that influence the structure, delivery and interpretation of speech. Understanding and appreciating cultural diversity in the communication process allows students to express their thoughts and feelings more intelligently and according to the situation at hand. Keywords: communication, socio-culture, speech Setiap budaya mengajarkan cara berpikir dan berperilaku yang berbeda dan hal ini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam komunikasi. Perbedaan budaya ini dapat mempengaruhi berbagai aspek, termasuk cara seseorang berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh sosial budaya dalam pembelajaran berpidato. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian studi literatur. Sumber data berasal dari artikel jurnal yang relavan dengan topik penelitian. Data dianalis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa udaya memainkan peran krusial dalam membentuk gaya komunikasi individu serta dalam menafsirkan pesan yang disampaikan. Setiap budaya memiliki norma komunikasi yang unik yang memengaruhi struktur, penyampaian, dan interpretasi pidato. Memahami dan menghargai keanekaragaman budaya dalam proses komunikasi memungkinkan siswa untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan lebih cerdas dan sesuai dengan situasi yang ada. Kata Kunci: Komunikasi, Sosial Budaya, PidatoDownloads
References
Ekasriadi, I. A. A., & Fridayanthi, P. D. (2024). Analisis Teks Pidato Pariwisata Budaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa SMAN 3 Denpasar. Widyadari, 25(2), 230–239. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4124
Giawa, K. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Membaca Teks Pidatooleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lölöwa’u. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 317–321.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Kusmawanto, Y. N., Ferdian, I. D., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Pidato Persuasif di SMP Negeri 2 Batujajar. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 461–466.
Meliyawati, Andayani, A. P., & Herdiana, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Kemampuan Menulis Naskah Pidato Siswa Kelas IX MTs. Malnu Kabupaten Lebak. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3233
Muldawati, M., & Riansi, E. S. (2024). Analisis Kebutuhan Berbahasa Lisan Melalui Budaya dan Teknologi pada Materi Pidato. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 711–722. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.522
Nuraeni, M., Pratama, M. I. F., & Ananda, R. (2022). Pengaruh Perbedaan Budaya Terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa. KAMPRET Jurnal, 1(3), 55–59.
Puspitasar, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Pendidikan Karakter Berawawasan Kearifan Lokal pada Revolusi Industri 4.0, 465–470.
Rosadi, A., & Hermanto, L. (2021). Peranan Pengetahuan Bahasa, Budaya dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Public Speaking Mahasiswa Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 329–337. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2144
Rosyada, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas VI SD dengan Model PJBL (Project Based Learning) Berbantuan Media Audio Visual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 83–93.
Rufiyati, K. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpidato pada Siswa Kelas VI Melalui Teknik Modeling dI SD Katolik Nita 1 Sikka, Nusa Tenggara Timur. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(11), 28–36.
Saniah, N. (2023). Pelatihan Menyampaikan Pidato Di SMK Swasta Hasanuddin Medan. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5588
Sunata, I. (2023). Kajian tentang Komunikasi dan Budaya. Journal of Da’wah, 2(1), 100–131. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2566
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Widyastuti, A. (2016). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato. DEIKSIS, 8(1), 27–38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.