PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS BOOK CREATOR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24775Keywords:
E-book berbasis Book Creator, Model ADDIE, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran, yang masih didominasi metode ceramah dan penggunaan bahan ajar cetak, sehingga menyebabkan rendahnya minat, motivasi, dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book berbasis Book Creator untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD pada materi “Pola Hidup Gotong Royong” serta mengukur validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dari ahli media, materi dan bahasa; angket respon guru dan peserta didik; serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Koba dan SD Negeri 9 Koba. Hasil validasi menunjukkan e-book sangat valid dengan persentase 91,2% (ahli media), 88% (ahli materi), dan 90% (ahli bahasa). Kepraktisan dinilai sangat praktis oleh guru dan peserta didik di sekolah uji coba dan implementasi, dengan persentase di atas 89%. Uji efektivitas menunjukkan nilai N-Gain sebesar 80,97%, yang termasuk kategori tinggi dan efektif. Dengan demikian, e-book berbasis Book Creator ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV, serta dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman peserta didik.Downloads
References
Buku :
Darni, R., Anwar, M., & Kurmiadi, D. (2023). Monograf pengembangan model inventory berbasis komputer untuk mengukur kepribadian entrepreneurship menggunakan expert system. PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Hake, R. R. (1999). Analysing change/gain score. Woodland Hills: Department of Physics, Indiana University.
Kemendikbud. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila fase A–fase F. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Purwanto, N. (2017). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuwana, S., Indarti, T., & Faizin. (2023). Metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dalam pendidikan dan pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Jurnal :
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan e-book dengan aplikasi Book Creator pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas V sekolah dasar: Studi kasus di SD Negeri Sugihan 01 kelas V. Prosiding SNasPPM, 6(1), 80–88.
Bensi, E. I. W., Supriyono, S., & Rahayuningsih, S. (2024). Pengembangan e-book berbasis Book Creator materi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas V sekolah dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 9(2), 129–135.
Fahrizandi, F. (2019). Mengenal e-book di perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 141–157.
Friska, S. Y., Susilawati, W. O., & Restiara, R. (2023). Pengembangan e-modul berbantu Book Creator pada mata pelajaran pendidikan Pancasila untuk mendukung kurikulum Merdeka kelas IV sekolah dasar. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(1), 217–228.
Habibullah, M., & Suyanti, I. (2024). Pengembangan bahan ajar berbasis e-book menggunakan aplikasi Book Creator pada pembelajaran pendidikan Pancasila materi Aku Mengenal Indonesia kelas I MI. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 14–21.
Hydayat, A., & Ariani, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis Flip PDF Professional materi jaring-jaring bangun ruang sederhana di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15683–15688.
Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan aplikasi Nearpod untuk bahan ajar pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246.
Reinita, R. (2020). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model problem based learning di sekolah dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.
Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940–9945.
Sulastri, J., Anita, Y., Reinita, R., & Ahmad, S. (2024). Pengembangan media menggunakan aplikasi Book Creator pada pembelajaran pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 349–368.
Syafra, R., & Putera, R. F. (2024). Pengembangan bahan ajar e-modul pada pembelajaran pendidikan Pancasila menggunakan Canva berbasis Flipbook di kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 217–230.
Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64.
Yunita, R., & Septian, A. (2021). Book Creator: A web-based application for creating interactive digital books in education. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 25–38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.