PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI UJUNG TANAH 2 KOTA MAKASSAR
Keywords:
Metode pembelajaran, Learning Starts With A Question, Keterampilan BerbicaraAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanapengaruh penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilanberbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahmetode pembelajaran LSQ berpengaruh terhadappeningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenispenelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelasV SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil Paired Samples Test yang ditampilkan pada Tabel 5, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05), maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar.Downloads
References
Aisah, N., Husin, M., & History, A. (2024). Pengaruh Model Learning Start With a Question (Lsq) Berbantu Media Game Terhadap Hasil Belajar Materi Daerahku Dan Kekayaan Alamnya Di Kelas Iv Sd Negeri 1 Rimo. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(6), 1–16.
Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.
Bahri, A., & Nurlina, N., Nurfaidah, N. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In LPP Unismuh Makassar (Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar) (Issue April).
Helma, M., & Rahma, G. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Learning Starts With a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.173
Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 406–417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.723
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
Prahasti, N., Hajani, T. J., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With a Question terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pelita Jaya. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 47–59.
Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4No.
Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991–998.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.