PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI UJUNG TANAH 2 KOTA MAKASSAR

Authors

  • Rosmina Amelia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Keywords:

Metode pembelajaran, Learning Starts With A Question, Keterampilan Berbicara

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanapengaruh penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilanberbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahmetode pembelajaran LSQ berpengaruh terhadappeningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenispenelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelasV SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil Paired Samples Test yang ditampilkan pada Tabel 5, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05), maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, N., Husin, M., & History, A. (2024). Pengaruh Model Learning Start With a Question (Lsq) Berbantu Media Game Terhadap Hasil Belajar Materi Daerahku Dan Kekayaan Alamnya Di Kelas Iv Sd Negeri 1 Rimo. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(6), 1–16.

Asnidar, A., Junaid, Mp., & Andi Paida, Mp. (2024). Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Bahri, A., & Nurlina, N., Nurfaidah, N. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In LPP Unismuh Makassar (Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar) (Issue April).

Helma, M., & Rahma, G. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Learning Starts With a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.173

Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 406–417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.723

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Prahasti, N., Hajani, T. J., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With a Question terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pelita Jaya. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 47–59.

Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4No.

Syam, A. K., Latief, S. A., & Syakur, A. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991–998.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Published

2025-06-10