PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN

Authors

  • Abdussalam STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24747

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Riset ini didasari oleh minimnya capaian studi peserta didik kelas IV-C SDN Pejagan 1 Bangkalan di subjek bahasan Sains dan Sosial. Dari keseluruhan 22 pelajar, hanya 40% yang meraih skor Batas Ketuntasan Minimum (BKM), sementara 60% sisanya belum mencapai patokan. Di samping itu, arketipe pengajaran yang diterapkan saat ini, seperti Direct Instruction (DI), dinilai kurang Efektivitas model pembelajaran Penemuan terbukti dalam menstimulasi partisipasi aktif dan daya pikir analitis peserta didik. Studi ini berupaya menginvestigasi pengaruh pengaplikasian model pembelajaran Penemuan terhadap luaran belajar Sains siswa. Desain riset yang diaplikasikan ialah pendekatan kuantitatif dengan rancangan prates-postes satu kelompok. Populasi kajian adalah siswa kelas IV-C yang totalnya 22 pelajar, dipilih secara purposive sampling. Perangkat riset berupa soal ujian opsi jamak yang dievaluasi keabsahan dan keandalannya. Informasi dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan guna mengukur disparitas capaian studi sebelum dan setelah implementasi model Pembelajaran Penemuan. Luaran riset mengindikasikan bahwa skor rerata prates adalah 51,82, sementara postes mengalami peningkatan menjadi 89,09. Skor signifikansi pada uji hipotesis sejumlah 0,000 < 0,05, yang mengimplikasikan arketipe Pembelajaran Penemuan memberikan dampak signifikan terhadap capaian studi pelajar. Riset ini berkonklusi bahwa implementasi model Pembelajaran Penemuan efisien dalam mengoptimalkan capaian studi IPAS siswa kelas IV-C SDN Pejagan 1 Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrezi, I., & Taufik, M. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 25 (9th ed., pp. 1–490). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. UMMPress.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss. OSF Preprints.

Maharani, B. Y. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549–561.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (mmp). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Meylovvia, D., & Julianto, A. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv Sdn Pejagan 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Mukti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–245.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(1), 171–187. https://doi.org/https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Sulastri. (2018). Metode pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menyimpulkan isi puisi siswa kelas VII G MTsN 9 Ngawi tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS: Pijar Nusantara, 4(1), 7–10.

Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 184–194.

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.

Tirtahardja, U. (2018). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Zakky. (2018). Pengertian hasil belajar siswa dan definisinya menurut para ahli

Downloads

Published

2025-06-02

Most read articles by the same author(s)