PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS FAKTA DAN OPINI PESERTA DIDIK KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24744Keywords:
Media Pembelajaran, Flipbook Interaktif, Fakta dan Opini, Bahasa IndonesiaAbstract
Perkembangan zaman dan teknologi yang terus maju mendukung terciptanya media pembalajaran yang menarik dan menyenangkan. Kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan di kelas V SDN Ngaliyan 03 rendah menyebabkannya minat dan semangat peserta didik dalam belajar Bahasa Indonesia sehingga hasil belajar Bahasa Indonesia belum maksimal. Tujuan penelitian yaitu media, mengembangkan kelayakan, dan menguji kefektifan media pembelajaran yang disebut flipbook interaktif menganalisis fakta dan opini (FIMFO) untuk peserta didik kelas V SDN Ngaliyan 03. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan dengan alur penelitian model ADDIE ( Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi ) . Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas V SDN Ngaliyan 03. Hasil penelitian yaitu: 1) menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk peserta didik dan guru di kelas V SDN Ngaliyan 03 berbasis web; 2) Uji kelayakan media pembelajaran antara lain penilaian validasi ahli materi sebesar 95% (sangat layak), validasi ahli media 98% (sangat layak), dan hasil rata-rata respon peserta didik dan guru adalah 95% yang menunjukkan sangat positif; 3) Uji keefektifan penggunaan flipbook interaktif menganalisis fakta dan opini (FIMFO) untuk peserta didik kelas V SDN Ngaliyan 03 dari hasil uji t berpasangan diperoleh t hitung > t tabel dan hasil N-gain 0,66 kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook interaktif berbasis web yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi fakta dan opini Bahasa Indonesia kelas V SDN Ngaliyan 03.Downloads
References
Aulia Fanny, & Kaswadi Kaswadi. (2024). Peningkatan Kemampuan Analisis Fakta dan Opini Peserta Didik Kelas XI TEK 2 SMK Negeri 5 Surabaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(4), 213–222. Retrieved from https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1071
Febriyanti, R., Anjarini, T., Ngazizah, N., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA KELAS IV SD NEGERI SOMONGARI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (01). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22829
Heryani, R., & Haerul. (2023). PERAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN BANGSA DI PERGURUAN TINGGI.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Machmud, T., Sartika, S., & Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Vygotsky, 4(2), 67. Retrieved from https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.497
Muhsan, R., Hanim, N., & Zuraidah. (2022). ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PREZI BERBASIS METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10 (1), 2022. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/index
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1 (1). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari, R. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). Retrieved 2 May 2025 from https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Setyaningsih, A., Setyo Sundari, R., & Nuvitalia, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 01 KARANGMULYO. Retrieved from https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20673
Utomo, F. T. S. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08 (02). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Verawati, A. A., Hamidah, A. N., Faris, I., Hidayat, T., & Andriyanti, A. (2024). Penyesuaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 31807–31815. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/18180
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.