IMPLEMENTASI PMM DALAM PENILAIAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (STUDI MULTI KASUS PADA TIGA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN WAJO)

Authors

  • Andi Yulianti Universitas Negeri Makassar
  • Arismunandar Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ardiansyah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24729

Keywords:

Teacher Performance Evaluation, Merdeka Mengajar Platform, Multiple Case Study

Abstract

This study aims to describe the utilization of the Merdeka Mengajar Platform (PMM) in teacher performance evaluations and identify its supporting and inhibiting factors in three elementary schools in Wajo Regency: UPTD SD Negeri 1 Padduppa (Accreditation A), UPTD SD Negeri 258 Teddaopu (Accreditation B), and UPTD SD Negeri 405 InalipuE (Accreditation C). A qualitative method with a multiple case study design was employed. Research subjects included principals and teachers from each school.The findings revealed active use of PMM in teacher performance evaluations. UPTD SD Negeri 1 Padduppa implemented PMM smoothly, while UPTD SD Negeri 258 Teddaopu encountered technical challenges and policy flexibility issues. UPTD SD Negeri 405 InalipuE faced greater challenges, such as limited internet access and high workloads. Supporting factors included available technology, stable internet connections, teacher collaboration, and principal support. Inhibiting factors included technical issues, limited internet access, and lack of training. This study is expected to provide insights into improving PMM implementation to support educational quality in remote areas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agraini, T. R., Ummah, A. A., Waskito, W., & Yustisia, H. (2024). Efektifitas Penggunaan aplikasi platform merdeka mengajar dalam meningkatkan kompetensi guru smkn 1 singingi hilir. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 7(3), 1551-1559.

Ardiantoro, L., Rudiyanto, M. A., & Muslimin, M. (2024). Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Disiplin Positif Bagi Guru Penggerak di Mojokerto. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1-8.

Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar melalui platform merdeka mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800-807.

Banna, N., Dewi, R., & Gasong, D. (2024). Optimalisasi pemanfaatan platform Merdeka Mengajar dalam pengembangan proses belajar mengajar Bahasa Indonesia: Studi kasus SD Negeri 11 Nanggala. Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.912

Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. (2021). Analisis sistem penjaminan mutu pendidikan pada SMA yang terakreditasi A. Sebatik, 25(2), 366–373. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1615

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85.

Fitriadi, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan supervisi dan penilaian kinerja guru guna mewujudkan kompetensi, kinerja, mutu pendidikan di sekolah dasar menuju abad ke-21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.120

Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan penggunaan artificial intelligence (AI) terhadap perkembangan teknologi pada pembelajaran siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221-226.

Hidayati, K., Tamrin, A. G., & Cahyono, B. T. (2024). Efektivitas penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk peningkatan kompetensi guru pada kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1).

Kemendikbudristek. (2024). Apa Itu Platform Merdeka Mengajar? Pusat Informasi Guru. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar diakses pada 2 Oktober 2024.

Lukum, A., Suking, A., Paramata, N. R., Achmad, N., & Djafar, N. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mustofa. (2007). Upaya pengembangan profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1), 76–88.

Panggabean, D., & Hidayat, D. (2022). Integrasi Teknologi Pembelajaran dalam Aktivitas Belajar dan Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5020-5024. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1061

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 113-122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada guru sekolah dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248-254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum merdeka: transformasi pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78-84.

Riswanto, R., & Mulyanti, D. (2024). Peran guru dan kepala sekolah sebagai aktor pendidikan di tengah perubahan lingkungan pendidikan yang berubah cepat. JCS, 3(6). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.757

Sidiq, U. (2018). Etika dan profesi keguruan. Tulungagung: Penerbit STAI [Sekolah Tinggi Agama Islam] Muhammadiyah. Tersedia secara online juga di: http://repository. iainponorogo. ac. id/395/1/Etika, 20, 26.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.

Wibowo, C. H. (2015). Problematika profesi guru dan solusinya bagi peningkatan kualitas pendidikan di MTs. Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri (Tesis). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Downloads

Published

2025-06-04