PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR HAK DAN KEWAJIBAN DI RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SD TIGA PUTRA KOTA KUPANG

Authors

  • Windra Solistryani Gasa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Nusa Cendana
  • Adam B.N Benu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Paulina Riwu Ga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02`.24709

Keywords:

PROBLEM BASED LEARNING, PAPAN PINTAR, HASIL BELAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang hak dan kewajiban di rumah dan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Tiga Putra Kota Kupang yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum diterapkan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk dilakukan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tiga Putra Kota Kupang pada Kelas IV. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test, hasil data menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan  jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hak dan kewajiban di rumah dan sekolah di kelas IV SD Tiga Putra Kota Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Muhammad. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Penjasorkes Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Pada Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Semester Genap Sd Negeri 25 Mataram.” Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(1). doi:10.33394/realita.v7i1.5010.

Asrifah, Siti. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 158–65. http://repository.um.ac.id/id/eprint/67765.

Dyah Rahmah Yulianti1, Herlina Dewi Puspitasari, Susilo Tri Widodo, Wulan Aulia Aziza, Erni Sofiana 2023. Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media papan Pancasila terhadap hasil belajar PPKN siswa kelas IV SD negeri 1 Sarirejo. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol.09 No.05.

Hotimah. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. JURNAL EDUKASI, 5-11.

Kamaladini, K., Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasiona1,(September), 93–100. http://journal.ummat.ac.id/index.php

Lilis Amilia,Safitri, Ida Sulistyawati. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media KOKARPIN (kotak kartu pintar) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol.1 No.3, 2024,Page: 1-10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.326

Maghfi, U. N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (Smart Board ). SELING-Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.Amalia, Putri, Lukman Hakim, dan Kiki Aryaningrum. 2023. “Pengembangan Media Papan Pintar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(3): 5632–42.

Munawaroh, Suryawati. 2021. “Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smpn 3 Banguntapan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1(1): 89–100. doi:10.51878/teaching.v1i1.87.

Permatasari, Indah, dan Rina Marlina. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Didactical Mathematics 5(2): 295–304. doi:10.31949/dm.v5i2.5528.

Putri, Rosalina, dan Universitas Muhammadiyah Hamka. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4). doi:10.31949/jcp.v8i2.2716.

Riangga Maharani, Nur Hikmah, Al Cholisah, Susilo Tri Widodo, Evi Vidiastutik Kondang 2023. Penggunaan media pembelajaran “papan informasi” dalam Model PBL (problem Based Learning) Sebagai Penunjang Pembelajaran Pendidikan pancasila dalam materi gotong Royong bagi peserta didik kelas IV sd Pancasila. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol. 9 No.5.

Rosmana, Primanita Sholihah, Acep Ruswan, Anggi Rahma Dewi Lesmana, Irna Fitri Andini, Indah Permata Yuliani, Novia Ramanda, Rachma Nurfitria, dan Winda Ros Citra. 2024. “Penerapan LKPD terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1): 3082–88.

Rusidik, Ratnaningtyas Pramulatsih, Yuli Mulyawati, dan Angga Nugraha. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(1): 941–50. doi:10.36989/didaktik.v9i1.679.

Safitri, Lilis Amilia, dan Ida Sulistyawati. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kokarpin (Kotak Kartu Pintar) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(3): 10. doi:10.47134/pgsd.v1i3.326.

Siti Nurhasanah. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri Rejosari.” LJSE: Linggau Journal Science Education 2(3): 75–84. doi:10.55526/ljse.v2i3.333.Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif, Kombinasi R&D dan penelitian Pendidikan.

Sukma, Indah, Dina Amalia, Rahmatun Nessa, Bahrun, dan Rahmi. 2022. “Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini.” Jim Paud 7(1): 40–50.

Tsabita, Berliantina Hasna, Kartinah Kartinah, dan Farida Nursyahidah. 2024. “Analisis Penerapan Model PBL Berbantuan Media Papan Informasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 2 SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(2): 17884–89.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Ulfah, dan Opan Arifudin. 2021. “Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Amar (JAA) 2(1): 1–9.

Yulianti, Dyah Rahmah, Herlina Dewi Puspitasar, S.Pd Susilo Tri Widodo, M.Pd Wulan Aulia Azizah, S.Pd., dan S.Pd Erni Sofiana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pancasila Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sarirejo.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 4(1): 1–23.

Downloads

Published

2025-06-02