PENGARUH PRESEPSI SISWA PADA MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP EVALUASI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24700Keywords:
Persepsi Siswa, Game Kahoot, Evaluasi BelajarAbstract
Media pembelajaran adalah salah satu alat yang digunakan oleh para pengajar sebagai penyampaian materi pembelajaran, meningkatkan kreativitas siswa, dan meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. teknologi pendidikan adalah sebagai penerapan prinsip-prinsip berbasis pengetahuan dalam mengatasi tantangan pembelajaran. Dalam pendidikan media pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di dunia pendidikan. Maka perlunya pelibatan aplikasi ini pada proses belajar bila dikatakan perlu untuk menunjang pembelajaran yang cenderung membosankan. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini dilakukan melalui pengambilan data melalui penelitian survey dengan pengumpulan kuesioner. Tekning sampling yang disebarkan secara purposive sampling diisi oleh 55 responden dari total populasi sebanyak 123 siswa. Responden berasal dari siswa aktif kelas XI SMA-S Al-Kautsar Bandar Lampung. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan diolah dengan program SPSS 26. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persepsi siswa dalam menggunakan game kahoot memengaruhi evaluasi belajar ekonomi. Dengan kadar determinasi sebesar 0,467, atau 64,6% dari persepsi siswa menggunakan game kahoot dipengaruhi oleh evaluasi belajar dan faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini adalah 35,4.Downloads
References
Arifin, Faizal. 2021. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Di Stiabi Riyadul ’Ulum.” Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia 1(1):8–18. doi: 10.47387/sena.v1i1.33.
Artika, A., I. Mahartika, and I. Irdamisraini. 2024. “Kahoot: Alternatif Media Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Siswa Kimia Pada Materi Koloid.” Innovative: Journal Of Social … 4:2579–89.
Assegaf, Zulaikha Rizekia, Widya Susanti, Neti Esi, and Ahmad Yani. 2022. “Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Adiba: Journal of Education 2(4):507–16.
Darmawan, Deni. 2020. “Development of ICMLS Version 2 (Integrated Communication and Mobile Laboratory Simulator) to Improve 4.0 Century Industry Skills in Vocational Schools.” International Journal of Interactive Mobile Technologies 14(8):97–113. doi: 10.3991/IJIM.V14I08.12625.
Erina Hannawita Br Sembiring, and Tanti Listiani. 2023. “Game Based Learning Berbantuan Kahoot! Dalam Mendorong Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):26–40. doi: 10.30656/gauss.v6i1.5708.
Firdiansyah, Yhadi, and Heni Purwa Pamungkas. 2021. “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Moneter.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 4(1):1. doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15549.
Indah, Della Yunita. 2025. “PENERAPAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA.” 8:1951–56.
Lailan, Alfina. 2024. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3(7):3257–62. doi: 10.55681/sentri.v3i7.3115.
Luthfi, Layalin Sophia, Putra Afriadi, Laurensia M. Perangin-angin, Parluhutan Tambunan, and Sri Mustika Aulia. 2024. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Pelaksanaan Asesmen Formatif Pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IV SDS IT Yunus Al Banat.” 8:41968–77.
Mastuti, Dewi Leni, Mai Yuliastri Simarmata, and Rini Agustina. 2024. “Pentingnya Penggunaan Teknologi ( E-Learning ) Mendukung Pembelajaran Bahasa Indonesia.” 7:13352–57.
Muhammad Fathi Nur Fadly, and Prima Mutia Sari. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Kahoot Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4):1029–37. doi: 10.31949/jcp.v8i4.2792.
Ningrum, Gres. 2018. “STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 9:22–27. doi: 10.31932/ve.v9i1.32.
Permatasari, Kristina Gita. 2023. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Kahoot Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 2(1):146–58.
Sukaton, Ounu. 2018. “ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities.” 1(2):218–25.
Wahyudi, Mualif Hari, Suarman, and Gimin. 2023. “Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora) 2(Desember):179–94.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.