PENGARUH TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK KELOMPOK, TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE

Authors

  • Lisa Amalia Pendidikan
  • Arismunandar Universitas Negeri Makassar
  • Wahira Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24646

Keywords:

Supervisi Akademik Kelompok, Supervisi Akademik Individu, Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik supervisi akademik kelompok dan teknik supervisi akademik individu terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar se-Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 104 guru, dengan sampel sebanyak 84 guru yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik supervisi akademik kelompok (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pedagogik (Y) guru, dengan nilai koefisien 0,531, nilai t hitung 8,956, dan signifikansi 9.69E-14; (2) teknik supervisi akademik individu (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik (Y), dengan koefisien 0,490, nilai t hitung 8,122, dan signifikansi 4.32E-12; (3) secara simultan, X1 dan X2 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Y, dengan nilai R Square sebesar 0,695 dan nilai F hitung sebesar 92,181 pada taraf signifikansi < 0,001. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik supervisi akademik kelompok dan individu secara bersama-sama berkontribusi sebesar 69,5% terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardyansyah, M., Arismunandar, & Heriansyah. (2023). Analisis Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Makassar). Journal of Educational and Language Research, 2(6), 885–894.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020) Metodologi Penelitian Pendidikan (Issue 112). Madani Media.

Firdaus et al. (2022) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2).

Izzah & Abidin. (2023) Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Guru PAI Dimediasi Workplace Sprituality di SMA Negeri Se-Kabupaten Kediri. DIRASAH. 6(2).

Indah, H., & Habibah, S. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Negeri 6 Bone. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(2), 92. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i2.25090

Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Iii Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201–212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Kelompok, P., Ag, S., & Si, M. (n.d.). MODEL SUPERVISI BERDASARKAN PENDEKATAN MODERN. 101–118.

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala The Role of Teachers as Facilitators in Improving the Quality of Learning at SDIT Mutiara Ilmu Kuala. 5(1), 328–343

Permendiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Kemendikbud, 1–54.

Pratiwi & Roesminingsih. (2022). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 10(2), 299-308.

Sundari, & Pharama, T. E. (2021). Stakeholders Dalam Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 5(2), 285–296. http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13538

Downloads

Published

2025-06-08