PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BOOK CREATOR DI KELAS IV SDN 13 BATU GADANG KOTA PADANG

Authors

  • Risa Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Rafhi Febryan Putera Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24640

Keywords:

Learning Outcomes, Pancasila Education, Problem Based Learning, Book Creator

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of students in Pancasila Education learning. This study aims to describe how to improve student learning outcomes in Pancasila Education learning using the Problem Based Learning model Assisted by Book Creator Media in Class IV SDN 13 Batu Gadang, Padang City. This type of research is classroom action research (CAR) which uses qualitative and quantitative approaches. The research was conducted in two cycles, where cycle I consisted of 2 meetings and cycle II consisted of 1 meeting. Each cycle includes four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were teachers and students of class IV SDN 28 13 Batu Gadang, Padang City, totaling 10 people, consisting of 13 male students and 13 female students. Data from the study were obtained from the assessment of the Teaching Module, the implementation process, and learning outcomes. Data collection techniques used observation, tests, and non-tests. The results of the study showed an increase. This can be seen from the average results of the Teaching Module Assessment cycle I which was 89.58% (B), increasing in cycle II to 95.83% (SB). This can also be seen from the average results of teacher activities in cycle I which were 85.71% (B), increasing in cycle II to 92.85% (SB). In student activities, the average cycle I was 85.71% (B), increasing in cycle II to 92.85%. Furthermore, in the learning outcomes of students in cycle I, an average of 70.56% (C) was obtained, increasing in cycle II to 82.78% (B). Thus, it can be concluded that the Problem Based Learning model assisted by Book Creator media can improve student learning outcomes in Pancasila Education learning in Class IV SDN 13 Batu Gadang, Padang City.   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Media Book Creator di Kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 28 13 Batu Gadang Kota Padang yang berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Modul Ajar, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil Penilaian Modul Ajar siklus I adalah 89,58% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil aktivitas guru siklus I adalah 85,71% (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I adalah 85,71% (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Selanjutnya pada hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 70,56% (C), meningkat pada siklus II menjadi 82,78% (B). dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Book Creator dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Hosnan, (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Jurnal:

Cornelia, P., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva di Kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kota Padang. Jurna Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (4) https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17771/9068, 39-53.

Melina, N., & Masniladevi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3), DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.736, 2502-2507.

Munawwarah, Putri, S. E., Ilyas, N. M., Side, S., & Zubair, S. (2023). Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8-12. DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i1.46427

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Putera, R. F., Anita, Y., & Ladiva, H. B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Model Jigsaw Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–58.

Putera, R. F., & Habibi, M. (2023). Sosialisasi Penerapan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Kesetaraan di SKB 2 Sungai Tarab . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 23-28. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123. https://www.riset-iaid.net/index.php/jpm/article/download/1445/819

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Downloads

Published

2025-05-27

Most read articles by the same author(s)