Menggali Potensi Kognitif Emas: Strategi Pembelajaran Komprehensif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24616Keywords:
Perkembangan Kognitif, Pendidikan Anak Usia Dini, Strategi Pembelajaran, Prasekolah, Keterlibatan Orang Tua, Lingkungan Belajar, TK Negeri Pembina CibadakAbstract
Artikel ini mengkaji secara mendalam strategi pembelajaran yang efektif dan komprehensif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, dengan fokus pada implementasinya di TK Negeri Pembina Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Masa prasekolah merupakan periode krusial dalam perkembangan kognitif, di mana stimulasi yang tepat dapat membentuk fondasi yang kuat untuk keberhasilan akademik dan kehidupan di masa depan. Artikel ini menguraikan secara rinci aspek-aspek perkembangan kognitif yang relevan, seperti memori, perhatian, pemecahan masalah, kemampuan berbahasa, pemikiran logis, serta kreativitas dan imajinasi. Lebih lanjut, artikel ini mengeksplorasi berbagai metode dan aktivitas pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di lingkungan TK Negeri Pembina Cibadak, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan sumber daya yang tersedia. Peran aktif guru sebagai fasilitator pembelajaran yang responsif, pentingnya keterlibatan orang tua sebagai mitra pendidikan, serta penciptaan lingkungan belajar yang kaya dan mendukung juga dibahas secara mendalam. Melalui pendekatan yang holistik dan kontekstual, artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi para pendidik dan pemangku kepentingan di TK Negeri Pembina Cibadak dalam mengoptimalkan potensi kognitif anak usia dini.Downloads
References
Berk, L. E. (2018). Child Development. Pearson Education.
Cece, W. (2008). Psikologi Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Essa, E. L. (2017). Introduction to Early Childhood Education. SAGE Publications.
Piaget, J. (1969). The psychology of the child. Basic Books.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
NAEYC. (n.d.). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth Through Age 8.
Solehuddin, M. (2010). "Pengembangan Pembelajaran Kreatif melalui Media pada Anak Usia Dini." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(2), 27-39.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.