PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24588Keywords:
interactive multimedia, concept understanding, physics learningAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain Static Group Comparison. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif, memberikan gambaran pemahaman konsep fisika siswa yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif, mengetahui perbedaan antara pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif kelas X SMAN 2 Rantepao. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara, dengan sampel adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif dan peserta didik kelas X2 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir pemahaman konsep untuk mengukur pemahaman konsep fisika siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMAN 2 Rantepao yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif lebih besar daripada skor pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X SMAN 2 Rantepao yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif. Kata Kunci: multimedia interaktif, pemahaman konsep, pembelajaran fisikaDownloads
References
Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi,
S., Alaa’, S., & Yudi Handayana,
I. G. N. (2020). Pendalaman
Konsep Fisika Menggunakan Alat
Peraga Berbasis Mikrokontroler
Pada Siswa Sma. SELAPARANG
Jurnal Pengabdian Masyarakat
Berkemajuan, 4(1), 486.
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i
1.3225
Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P.
(2019). Penggunaan Multimedia
Interaktif (MMI) Sebagai Media
Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar
Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika
Dan Teknologi, 5(1), 50–58.
https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.
958
Rose Amanda Puri, P., & Riki
Perdana. (2023). Analisis
Kemampuan Pemahaman
Konsep Fisika Peserta Didik SMA
Di Bantul Pada Materi Fluida
Statis Dan Upaya
Peningkatannya Melalui Model
Pembelajaran Visualization
Auditory Kinesthetic.
MAGNETON: Jurnal Inovasi
Pembelajaran Fisika UNWIRA,
1(2), 93–101.
https://doi.org/10.30822/magneto
n.v1i2.2463
Saputra, R. Y., & Alexon. (2023).
Pengembangan Multimedia
Interaktif Berbasis Android Untuk
Meningkatkan Kemandirian
Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah
Teknologi Pendidikan, 13(1), 48–
59.
Shidik, M. A. (2020). Hubungan
Antara Motivasi Belajar Dengan
Pemahaman Konsep Fisika
Peserta Didik Man Baraka. Jurnal
Kumparan Fisika, 3(2), 91–98.
https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.9
1-98
Suhaili, A., Mataram, U., Interaktif, M.,
& Konsep, P. (2022). Artikel
Model Discovery Learning
Berbantuan Multimedia Interaktif
Untuk Meningkatkan
Penguasaan Konsep. Artikel,
4(3), 82–89.
Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis,
P. (2018). PENGARUH MEDIA
PEMBELAJARAN FISIKA
BERBASIS MULTIMEDIA
INTERAKTIF MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE FLASH
CS3 PROFESSIONAL
TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA KELAS X DI SMA PGRI
PANGKALAN KERSIK
TUNGKAL JAYA. PROSIDING
SEMINAR NASIONAL 21
UNIVERSITAS PGRI
PALEMBANG, 515–518.
Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J.,
Susilo, C. B., Suwarma, D. M., &
Veza, O. (2023). Hubungan
Penggunaan Multimedia dalam
Pembelajaran terhadap
Peningkatan Hasil Belajar
Peserta Didik. Journal on
Education, 6(1), 25–34.
https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.
2910
Wulandari, E., Annidya Putri, I., &
Napizah, Y. (2022). Multimedia
Interaktif sebagai Alternatif Media
Pembelajaran Berbasis
Teknologi. Jurnal Tonggak
Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian
Teori Dan Hasil Pendidikan
Dasar, 1(2), 102–108.
https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.
22834
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.