PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Authors

  • Wilda Pamangin Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24588

Keywords:

interactive multimedia, concept understanding, physics learning

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain Static Group Comparison. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif, memberikan gambaran pemahaman konsep fisika siswa yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif, mengetahui perbedaan antara pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif kelas X SMAN 2 Rantepao. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara, dengan sampel adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan  menggunakan multimedia interaktif dan peserta didik kelas X2 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir pemahaman konsep untuk mengukur pemahaman konsep fisika siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMAN 2 Rantepao yang diajar dengan menggunakan multimedia interaktif lebih besar daripada skor pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X SMAN 2 Rantepao yang diajar tanpa menggunakan multimedia interaktif.   Kata Kunci: multimedia interaktif, pemahaman konsep, pembelajaran fisika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi,

S., Alaa’, S., & Yudi Handayana,

I. G. N. (2020). Pendalaman

Konsep Fisika Menggunakan Alat

Peraga Berbasis Mikrokontroler

Pada Siswa Sma. SELAPARANG

Jurnal Pengabdian Masyarakat

Berkemajuan, 4(1), 486.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i

1.3225

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P.

(2019). Penggunaan Multimedia

Interaktif (MMI) Sebagai Media

Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar

Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika

Dan Teknologi, 5(1), 50–58.

https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.

958

Rose Amanda Puri, P., & Riki

Perdana. (2023). Analisis

Kemampuan Pemahaman

Konsep Fisika Peserta Didik SMA

Di Bantul Pada Materi Fluida

Statis Dan Upaya

Peningkatannya Melalui Model

Pembelajaran Visualization

Auditory Kinesthetic.

MAGNETON: Jurnal Inovasi

Pembelajaran Fisika UNWIRA,

1(2), 93–101.

https://doi.org/10.30822/magneto

n.v1i2.2463

Saputra, R. Y., & Alexon. (2023).

Pengembangan Multimedia

Interaktif Berbasis Android Untuk

Meningkatkan Kemandirian

Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah

Teknologi Pendidikan, 13(1), 48–

59.

Shidik, M. A. (2020). Hubungan

Antara Motivasi Belajar Dengan

Pemahaman Konsep Fisika

Peserta Didik Man Baraka. Jurnal

Kumparan Fisika, 3(2), 91–98.

https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.9

1-98

Suhaili, A., Mataram, U., Interaktif, M.,

& Konsep, P. (2022). Artikel

Model Discovery Learning

Berbantuan Multimedia Interaktif

Untuk Meningkatkan

Penguasaan Konsep. Artikel,

4(3), 82–89.

Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis,

P. (2018). PENGARUH MEDIA

PEMBELAJARAN FISIKA

BERBASIS MULTIMEDIA

INTERAKTIF MENGGUNAKAN

SOFTWARE ADOBE FLASH

CS3 PROFESSIONAL

TERHADAP HASIL BELAJAR

SISWA KELAS X DI SMA PGRI

PANGKALAN KERSIK

TUNGKAL JAYA. PROSIDING

SEMINAR NASIONAL 21

UNIVERSITAS PGRI

PALEMBANG, 515–518.

Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J.,

Susilo, C. B., Suwarma, D. M., &

Veza, O. (2023). Hubungan

Penggunaan Multimedia dalam

Pembelajaran terhadap

Peningkatan Hasil Belajar

Peserta Didik. Journal on

Education, 6(1), 25–34.

https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.

2910

Wulandari, E., Annidya Putri, I., &

Napizah, Y. (2022). Multimedia

Interaktif sebagai Alternatif Media

Pembelajaran Berbasis

Teknologi. Jurnal Tonggak

Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian

Teori Dan Hasil Pendidikan

Dasar, 1(2), 102–108.

https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.

22834

Downloads

Published

2025-06-12