Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di UPT SD Negeri 007 Pulau Lawas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24582Keywords:
teacher certification, pedagogic competence, qualitative researchAbstract
Penelitian ini mengkaji dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di UPT SD Negeri 007 Pulau Lawas. Latar belakang penelitian ini berakar pada perdebatan yang sedang berlangsung tentang apakah sertifikasi guru secara efektif meningkatkan keterampilan pedagogis pendidik atau hanya berfungsi sebagai formalitas. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana sertifikasi guru mempengaruhi kemampuan guru untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi proses pembelajaran, serta kapasitas mereka untuk beradaptasi dengan beragam kebutuhan siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data dari guru bersertifikat di sekolah. Temuan ini mengungkapkan bahwa meskipun sertifikasi guru telah memengaruhi motivasi dan kesadaran guru akan pengembangan profesional, dampaknya terhadap kompetensi pedagogis praktis tetap terbatas. Banyak guru masih berjuang dengan metode pengajaran yang inovatif dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menunjukkan kesenjangan antara persyaratan sertifikasi dan praktik kelas yang sebenarnya. Studi ini menyimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan berkelanjutan sangat penting untuk menjembatani kesenjangan ini dan memaksimalkan manfaat sertifikasi guru. Wawasan ini berkontribusi pada wacana yang lebih luas tentang pengembangan profesi guru dan implementasi kebijakan di Indonesia.Downloads
References
Danim, S. (2020). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru (Edisi Revisi). Kencana. Pengaruh sertifikasi terhadap pengembangan profesional guru secara holistik.
Febriana, M. (2019). Kompetensi Guru: Teori dan Praktik Pendidikan. Bumi Aksara. Hubungan antara sertifikasi guru dengan peningkatan kompetensi pedagogik berbasis student-centered learning.
Hosnan, M. (2020). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Teori tentang integrasi metode pembelajaran inovatif (PjBL, diferensiasi) pasca-sertifikasi.
Kunandar. (2021). Penilaian Autentik: Suatu Pendekatan Praktis. Rajawali Pers. Dasar teoritis penerapan penilaian autentik oleh guru tersertifikasi.
Majid, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Analisis perencanaan pembelajaran sistematis pasca-sertifikasi.
Prastowo, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kreatif. Diva Press. Kendala implementasi kompetensi pedagogik guru di daerah terpencil.
Kemdikbud. (2022). Laporan Evaluasi Program Sertifikasi Guru. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbud. Data empiris dampak sertifikasi pada kompetensi guru.
Junaidi, A. (2021). "Dampak Sertifikasi terhadap Kinerja Guru di Daerah 3T". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 45-60. Studi kasus keterbatasan fasilitas dan pelatihan pasca-sertifikasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.