PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SD 3 PAPRINGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24558Keywords:
Examples Non Examples , Flashcard, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples berbantuan media flashcard terhadap keterampilan menulis siswa kelas II SD 3 Papringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun eksperimen yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data alam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada dua kelas yang berbeda yaitu 24 siswa dari SD 3 Papringan sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa dari SD 2 Papringan sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan hasil nilai sig untuk kelas eksperimen sebesar 0,170 > 0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,324 > 0,05. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t dengan uji independent sample t-test menghasilkan nilai sig (2-tailed) = 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model examples non examples berbantuan media flashcard dengan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan menulis siswa. Sedangkan uji paired sample t-test menghasilkan nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan model examples non examples berbantuan media flashcard terhadap keterampilan menulis siswa.Downloads
References
Budiyanto, C., & Hotimah, E. (2022). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Bale Aksara, 3(2), 47-57.
Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247-258.
Hamid, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar. 1(2).
Harahap, Y. S., Zulfadli, Z., & Nurbaiti, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Sub Tema Tumbuhan Di Sekitarku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Bagi Siswa Kelas 1 Sd Negeri 100050 Pasarmatanggor. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(1), 75–82.
Maharani, M., & Arief, A. (2024). Penerapan Media Flashcard Berbantuan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas II. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Nuraziza, M., Tryansari, D., & Rulviana, V. (2024). Penerapan Media Flashcard Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Patihan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1150-160.
Nurjannah, A. I., Hidayati, Y. M., & Samsiyah, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 187–194.
Pangestika, S. E., Hadiyanti, A. H. D., & ... (2021). Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–47.
Rohim, D. C. (2022). Pengaruh Model ExampleNon Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 186-195.
Samad, F., & Samad, R., & RH, A. P. D. R. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 47–60.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.