PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS V DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN TANGRAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24539Keywords:
guided inquiry, hasil belajar, tangramAbstract
ABSTRAK Salah satu cabang matematika yang dipelajari di sekolah dasar adalah geometri yang berhubungan erat dengan pembentukan konsep abstrak. Pembelajaran geometri yang efektif tidak bisa hanya dengan ceramah atau transfer pengetahuan, tetapi harus melalui pembentukan konsep melalui serangkaian kegiatan langsung oleh peserta didik. Di SD 1 Jati Wetan, Kab.Kudus, Jawa Tengah siswa masih menghadapi kesulitan dalam memahami konsep, yang mengakibatkan nilai mereka belum memuaskan pada materi luas bangun datar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi luas bangun datar kelas V dengan model guided inquiry berbantuan tangram. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek kelas V SD 1 Jati Wetan sebanyak 15 siswa sehingga didapatkan hasil belajar siswa, yang dilaksanakan pada 30 Januari – 26 Februari 2025. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase 66,67% pada siklus I, sedangkan pada siklus II didapatkan hasil belajar meningkat sebesar 86,67%. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas bangun datar.Downloads
References
Andini, N., Aminah, M., & Handayani, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangram terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi luas dan keliling bangun datar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 27–37.
Arikunto, S. (2020). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Assakhiy, H. P., Pratiwi, D. N., & Ermawati, D. (2024). PENEREPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 11(2), 43–54.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40.
Hidayanti, N., & Ismanto, B. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode PBL dengan Bantuan Media Tangram Kelas II Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2557–2567.
Huki, F. P., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Lewa Tidahu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857–7868.
Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150–160.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29.
Khoiriyah, B. N. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA TINALAN KABUPATEN KEDIRI PADA MATA PELAJARAN IPS. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 215–224.
Lutfia, A. L. M., Fathani, A. H., & Alifiani, A. (2023). Implementation of the jucama learning model assisted by tangram media to improve students’ mathematical creative thinking skills in plane figure material. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(3), 256–263.
Mutakin, T. Z., Tola, B., & Hayat, B. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Framwork TIMSS 2019. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of triangle: Examples of mathematical abstraction in two different contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117.
Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PaPI DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1084–1093.
Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459.
Ramli, U. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Media Audiovisual. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 84–92.
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64.
Sutono, A., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas VI SD Negeri Wonokerso 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 620–632.
Zamania, T., Aziz, A., & Lestari, W. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Tangram dalam Memahami Konsep Bangun Datar Kelas VII. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 79–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.