IMPLEMENTASI MEDIA QR-UNO MATH BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS IV UPT SD NEGERI 145 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24538Keywords:
QR-Uno Math, Pendekatan CRT, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media QR-Uno Math berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) pada materi bangun datar kelas IV UPT SDN 145 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan instrumen rubrik serta lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 18% pada pra siklus, menjadi 54% pada siklus I, dan 86% pada siklus II setelah perbaikan media. Temuan ini membuktikan bahwa media QR-Uno Math berbasis CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
References
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PANLINTARMATIKA (PAPAN PERKALIAN PINTAR MATEMATIKA) MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47.
Apriliawati, D., & Noviana, Y. T. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV melalui Penerapan Metode Drill dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 11(1), 169-179.
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1), 15–22.
Effendi, A., Huda, K., & Agustinah, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV B pada Mata Pelajaran Matematika melalui Penggunaan Media Flashcard Materi Ciri-Ciri Bangun Datar di SD Negeri 03 Klegen. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 3, No. 3, pp. 284-291).
Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among dala Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. JMI: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2 (6).
Erlita, S., Ayuningtyas, I., Shabrani, M. R., & Maharani, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas 4 SDIT Insan Mulia pada Bab Ciri Bangun Datar Melalui Media Roda Bangun Datar dan Kartu Segi Banyak. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 915-920.
Irmayanti, Auliyah, A., & Hasnawiyah. (2023). Peningkatan Sikap Kolaboratif Peserta Didik melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Teaching at The Right Level(TaRL). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5 (3), 965–970.
Mahisna, A. B., Faridli, E. M., & Soimah, S. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Indonesian Journal of Elementary School, 4(2), 481-494.
Mehta, A. (2024). Culturally Responsive Teaching: Bridging the Achievement Gap. Global International Research Thoughts, 12 (1), 49–54.
Nurdayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Think Pairs Share Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 1-11.
Primasari, D. I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII E SMPN 11 Jember. PTK DAN PENDIDIKAN.
Sahuni, S., Budiningsih, I., & P, L. M. (2020). Interaksi Media Pembelajaran dengan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Akademika
Sapriati, A., Dkk. (2022). Pembelajaran IPA di SD. Banten: Universitas Terbuka
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa Pgsd.
Silvia, F. A., & Rigianti, H. A. (2023). Penerapan Penggunaan Metode Fun Teaching pada Pembelajaran Matematika.
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9 (3).
Wardani, I. S., Zaman, A. Q., Yustitia, V., & Hanindita, A. W. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Kanigara, 4(2), 87-97.
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto, D. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. SEMNASFIP
Yusup M, dkk. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal (TMJ).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.