PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24472Keywords:
ESD, Model Problem Based Learning, Kompetensi Berpikir Kritis, EkosistemAbstract
Salah satu kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi persaingan global adalah kemapuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang di dalamnya di integrasikan konteks Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis ESD, dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas V pada salah satu SDN Kota Samarinda. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V salah satu SDN di Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 42 orang. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa 18 soal pilihan ganda dan instrumen non tes berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunkaan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 42 sebesar 0,018. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample t-test, jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, karena nilai Sig. (2-tailed) yang didapatkan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis ESD dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa pada materi IPA Ekosistem di Kelas V pada salah satu SDN di Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Peningkatan kompetensi berpikir kritis siswa kelompok eksperimen sebesar 0,38 dan termasuk ke dalam kategori sedang.Downloads
References
Al Azizani, S., & El Rizaq, A. D. B. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49-64.
Auliah, F. D., & Izzah, A. (2024). Mengoptimalkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Berpendekatan Education for Sustainable Development. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 462-473).
Cholilah, N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Malang. Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, 171.
Damayanti, F. A., & Surjanti, J. (2022). “Penerapan model PBL dengan konteks ESD dalam meningkatkan hasil belajar dan sustainability awareness peserta didik”. Buana Pendidikan, 18(1), 93-105.
Ekamilasari, E., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Critical thinking skills and sustainability awareness for the implementation of education for sustainable development. Journal of Science Education Research, 5(1),46-53.
Fitriani, N. (2021). Analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal pelatihan kewaspadaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199-205.
Mardiah, N. R., Hamdu, G., & Nur, L. (2021). Analisis muatan kompetensi berpikir kritis dan topik ESD dalam modul pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 9(3), 351-357.
Muflikhah, I. K. (2023). Implementasi PBL Berorientasi ESD dalam Meningkatkan Literasi dan Sustainable Awareness Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Soko Pekalongan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 89-99.
Nursolihat, E. N., Dindin, M. Z. M., & Ahmad, A. (2023). Pengaruh Model Role Playing terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 828-836.
Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69-75.
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246-259.
Taimur, S., & Sattar, H. (2020). Education for sustainable development and critical thinking competency. Quality education, 238-248.
Utami, Y. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21-24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.