PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • erina prihatmi erina Universitas Lampung
  • Jody setya hermawan Universitas Lampung
  • Riswandi Universitas Lampung
  • Frida Destini Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24411

Keywords:

STEM approach, critical thinking skills, IPAS

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang aktif dalam menyampaikan ide-ide mereka dan pendekatan pembelajaran yang digunakan pendidik belum optimal sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 92 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 46 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS pada peserta didik kelas III di SD Negeri 6 Metro Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Syamsir. 2023. “Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023.” Media Indonesia.

Astuti, Nelly. 2021. “Implementation of Science Technology Engineering and Mathematics Approach in Learning to Critical Thinking Skills of Fifth-Grade Elementary School Students in Lampung Province.” Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching 21(1):12–13.

Aziz, Fauzan Al, Ni Nengah, Mega Dwiyanti, Rara Satriana, and Jody Setya Hermawan. 2024. “Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Tingkat Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika.” 4:6644–53.

Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. 2019. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Vol. 162.

Ennis, R. H. 2018. “Critical Thinking across the Curriculum: A Vision.” Ournal of CTAC 37:165–84.

Eskris, Y. 2021. “Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1)(17):43–52.

Halim, A. 2022. “Signifikansi Dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 3(3):404–418.

Handayani, Peny Husna, Sariana Marbun, and Dwi Maya Novitri. 2023. “21st Century Learning: 4C Skills In Case Method And Team Based Project Learning.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 13(2):181. doi: 10.24114/esjpgsd.v13i2.44522.

Khairiyah, Nida’ul. 2019. Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Medan: Guepedia.

Lestari, Rizki, Jasiah Jasiah, Setria Utama Rizal, and Nur Inayah Syar. 2023. “Pengembangan Media Berbasis Video Pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan Di Kelas V SD.” Jurnal Holistika 7(1):34. doi: 10.24853/holistika.7.1.34-43.

Saputra, Hardika. 2020. “Kemampuan Berfikir Kritis Matematis.” Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung 2(April):1–7.

Sriliani, Veronika Lily. 2022. “Analisis Muatan Berpikir Kritis Pada Buku Siswa Tema 2 Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(01):179–95. doi: 10.47709/educendikia.v2i01.1550.

Subayani, N. W. 2022. “Implementasi STEM ( Science , Technology , Mathematics ) Dalam Kurikulum PGSD.” Jurnal Pemikiran Pendidikan 28(2):49–59.

Suhelayanti, Syamsiah Z, and Ima Rahmawati. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

Susilawati, Endang, Agustinasari Agustinasari, Achmad Samsudin, and Parsaoran Siahaan. 2020. “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 6(1):11–16. doi: 10.29303/jpft.v6i1.1453.

Tri Wahyuni, Ida, Prima Mutia Sari, and Kowiyah Kowiyah. 2021. “Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit.” Jurnal Pendidikan Dasar 12(01):12–22. doi: 10.21009/jpd.v12i01.17461.

Widodo, A. 2021. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar Untuk Praktik. Bandung: UPI PRESS.

Yampap, Umar, and Rudolfus Ruma Bay. 2020. “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Musamus Journal of Primary Education 3(1):57–64. doi: 10.35724/musjpe.v3i1.3201.

Zuryanty, M. P. 2020. Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-06-07