PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANUSIA DI ERA REVOLUSI 4.0.

Authors

  • Dewi Santi Institut Agama Islam Abdullah Said Batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24410

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Karakter Manusia, Revolusi 4.0, Pembentukan Karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter manusia di era Revolusi Industri 4.0, di mana teknologi dan globalisasi membawa tantangan baru dalam pembentukan moral dan etika individu. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan Agama Islam dalam membimbing generasi muda untuk mengembangkan karakter yang berintegritas, bertanggung jawab, dan mampu menghadapi pergeseran nilai akibat perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka dan wawancara mendalam terhadap ahli PAI serta praktisi pendidikan untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai implementasi pendidikan karakter berbasis agama dalam kurikulum PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi dan media digital membawa pengaruh besar terhadap generasi muda, pendidikan Agama Islam tetap relevan dan berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui ajaran moral dan etika Islam yang menekankan tanggung jawab sosial, empati, dan disiplin. Kurikulum PAI yang terintegrasi dengan teknologi serta pengembangan literasi digital dapat membantu siswa memilah informasi yang baik dan membangun karakter yang kokoh. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa PAI dapat menjadi alat yang efektif dalam membentuk karakter siswa di era Revolusi 4.0, asalkan kurikulumnya terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pendidikan karakter yang berbasis pada nilai-nilai agama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abnisa, A. P., & Ihsan, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Paramarta Unggulan Ciputat Tangerang Selatan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 88–93.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arifuddin, A., Yosi, N., & Marlina, M. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 70–78.

Arikunto, S. (2015). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, P. D. H. M. B., & Sos, S. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif.

Djollong, A. F., & Rasyid, A. T. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius. Jurnal Al-Ibrah, 7(2).

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Hidayat, A., Fatimah, S., & Rosidin, D. N. (2021). Challenges and prospects of Islamic education institutions and sustainability in the digital era. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 351–366.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170.

Matara, K. (2020). Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti (Studi pustaka pada buku PAI dan BP untuk SMK kelas X). Irfani (e-Journal), 16(1), 82–95.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7172–7177.

Nasution, A. R. (2016). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter bangsa Indonesia melalui demokrasi, HAM dan masyarakat madani. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2).

Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Rahman, F. B., & Huda, M. (2023). Strengthening student values and morals through the application of philosophy into islamic education. Cendekia, 15(01), 98–108.

Salsabilla, M., & Putri, N. A. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(1), 82–96.

Saputra, F. (2024). Pembinaan Karakter Mahasiswa MelaluiPendidikan Agama Islam di Era Digital. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 176–188.

Sari, S. T. D. (n.d.). Analisis Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pendukung Pembentukan Karakter Siswa di Lembaga Ayo Cerdas Indonesia Perspektif Pendidikan Agama Islam. JAKARTA= FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. 22). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, S., & Inayati, N. L. (2025). Optimization of Islamic Religious Education and Ethics Learning With The Integration of Contextual Teaching and Learning With Digital Technology. Cendekia, 17(01), 286–306.

Wulandari, F., Hidayat, T., & Muqowim, M. (2021). Konsep pendidikan holistik dalam membina karakter Islami. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 157–180.

Downloads

Published

2025-05-29