PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP DAYA TARIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V UPTD SD INPRES PALSATU KOTA KUPANG

Authors

  • Swanira Toh Universitas Nusa Cendana
  • Petrus Ly UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG, NTT
  • Netty E.A. Nawa UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG, NTT

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24391

Keywords:

daya tarik belajar, , group investigation, hasil belajar, media animasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya tarik belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini diduga disebabkan oleh minimya variasi, inovasi serta kreativitas dalam penggunaan model dan media dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan bantuan media animasi terhadap daya tarik dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di UPTD SD Inpres Palsatu Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari satu kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner daya tarik belajar dan tes hasil belajar pada pre-test dan post-test. Nilai signifikansi yang diperoleh pada daya tarik belajar adalah 0.002 dan nilai hasil belajar adalah sebesar 0.000 (p < 0.05), yang artinya bahwa model pembelajaran GI dengan media animasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap daya tarik dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-12