PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA ISLAM DI TK ARRUMI SUMBERREJO

Authors

  • Aries Dirgayunita Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Indah Cahyati Fajriatun Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.24371

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di TK Arrumi Sumberrejo Paiton Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan cerita yang tepat, seperti kisah para Nabi dan sahabat Rasulullah, sangat efektif dalam menyampaikan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik. Guru menggunakan kriteria pemilihan cerita yang disesuaikan dengan usia, perkembangan, dan materi pelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi peran aktif guru, ketersediaan sarana prasarana, serta adanya buku-buku Islami. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang peserta didik dan kurangnya penguatan pembiasaan di lingkungan rumah. Secara keseluruhan, metode bercerita terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah melalui pendekatan yang menyenangkan dan menyentuh sisi emosional anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-30