PENGARUH FASILITAS LAB KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DPIB TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 2 SURABAYA

Authors

  • alfian universitas negeri surabaya
  • Aldi Alfian universitas negeri surabaya
  • Aisyah Dwi Lestari universitas negeri surabaya
  • Alief Tresnaldi Al-Fitrah universitas negeri surabaya
  • Anggi Isna Khoirinnisa universitas negeri surabaya
  • Aiza Fravy Qanza universitas negeri surabaya
  • Yeni Anistyasari universitas negeri surabaya
  • Mochamad Jarwanto universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24364

Keywords:

Computer laboratory facilities, learning outcomes, Informatics subjects, correlation

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam mewujudkan negara yang lebih maju. Hal tersebut dapat dilihat pada negara-negara maju, dimana dinegara tersebut banyak ditemua orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan bagus dengan fasilitas belajar yang memadai dalam menunjang pendidikan di negara tersebut. Selain kurikulum yang berkualitas, faktor lain yang turut andil dalam menunjang terciptanya kualitas pendidikan yang baik yakni dengan adanya fasilitas penunjang pembelajaran. Untuk mengetahui kualitas pendidikan tentu harus ada indikator penilaian, salah satu indikator yang dapat digunakan adalah prestasi atau hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara ketersediaaan fasilitas lab komputer terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan saple dilakukan dengan menggunakan random sampling sebanyak 36 responden dari total 72 siswa yang dijadikan penelitian. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampling yakni kuisioner, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan variabel (X) sebagai fasilitas lab komputer dan variabel (Y) sebagai prestasi belajar didapatkan pengaruh positif antara kedua variabel tersebut, hal ini dibuktikan dengan r=0,277 yang berdasarkan pada pedoman Sugiyono hal in termasuk kategori rendah yakni berada pada interval 0,20 – 0,399. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan  yang mana terdapat pengaruh antara fasilitas lab komputer terhadap hasil belajar siswa dengan kategori rendah, maka diperlukan peningkatan efektifitas penggunaan fasilitas lab komputer serta perlunya penelitian lain untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari fasilitas lab komputer

Downloads

Download data is not yet available.

References

Johar, M. (2016). Pengaruh

Fasilitas Belajar terhadap Hasil

Belajar Siswa. Jurnal

Pendidikan, 26(1), 15-22

Habsyi, Faisal Y. (2020).

Pengaruh Fasilitas Belajar

terhadap Prestasi Belajar

Siswa SMA Nusantara Tauro.

JUPEK: Jurnal Pendidikan dan

Ekonomi, 2(1), 13-22

Purwanto. (2011). Evaluasi

Hasil Belajar. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sitti Nuralan, M., Khaerul

Ummah BK, M., & Haslinda.

(2022). Analisis Gaya Belajar

Siswa Berprestasi di SD Negeri

5 Tolitoli. Pendekar Jurnal:

Pengembangan Pendidikan

dan Pembelajaran Sekolah

Dasar, 1(1), 13–24.

Hamna, & BK, M. K. U. (2020).

Pengaruh Model Problem

Based Learning Berbantuan

Zoom Meeting terhadap Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Teknologi

Pendidikan Madako, 1(1), 14–

22.

Downloads

Published

2025-06-13

Most read articles by the same author(s)