PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V DI SD INPRES PERUMNAS 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Thrisman Liu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Taty Rosiana Koroh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Treesly Y. N. Adoe Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24333

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, IPAS, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V di SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang, dengan fokus pada validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Permasalahan utama yang ditemukan adalah kurangnya media interaktif yang menarik, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli, respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 88,54% (sangat valid) dari ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan melalui angket guru dan siswa menghasilkan persentase 98,40% (sangat praktis). Keefektifan diukur dari hasil tes siswa setelah penggunaan media, dengan persentase ketuntasan 91,75% (sangat efektif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint interaktif valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini cocok digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas V di SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian.

Agustin, S. E., Yandari, I. A. V., & Yuhana, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Edpuzzle Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 119–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1839

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 11(2). https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Andri, N. A., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap motivasi belajar Siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA. Journal of Elementary Education, 06.

Aprilia, T. R., Siyamto, Y., & Nugroho, S. (2022). Peningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan 3M dan Pojok Baca. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.42

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548

Nikmah, N. H., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Digital Interaktif Berbasis PowerPoint pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2928

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID UNTUK GURU BAHASA ARAB. Jurnal KARINOV, 2(3). https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Octaliani, L., & Reinita, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(2). https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.597

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Simangunsong, U. F., & Mustika, D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS III SEKOLAH DASAR. In IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies (Vol. 3, Issue 01).

Simbolon, P. B. (2023). PENDIDIKAN SEJARAH SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24256

Sintia Dewi, P., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.

Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2022). Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal VARIDIKA, 33(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.15330

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) (Vol. 4, Issue 1). http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Downloads

Published

2025-06-12