MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR DENGAN PENDEKATAN FOKUS PADA PELANGGAN (STUDI KASUS SD NEGERI DI KOTA SAMARINDA)

Authors

  • wahyu wahyudi nafarin Universitas Mulawarman
  • Sotinsia Desi Lastsari Universitas Mulawarman
  • Rizki Riza Maulida Riza Maulida Universitas Mulawarman
  • Azainil Azinil Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24282

Keywords:

Education quality, quality management, customer satisfaction, primary education, education service users

Abstract

The quality of primary education is a fundamental element in the development of qualified human resources. In an effort to improve the quality of education, the application of quality management principles, including the principle of customer focus, becomes crucial. Customer satisfaction, which includes students, parents, the community, and other stakeholders, is a key indicator in assessing the success of an educational institution. Identifying the needs and expectations of education service users is essential in providing adequate and satisfactory services. This study highlights the importance of customer satisfaction in the context of primary education as a benchmark for the success of educational delivery. Effective communication between teachers and students, as well as responsiveness to feedback and inquiries from customers, plays an integral role in improving educational service quality. By understanding and analyzing customer satisfaction, educational institutions can continuously innovate and enhance the quality of the services they provide.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faktor manajemen profesizzFikri, M., Wiyani, N. A., & Suwandaru, A. (2016).

Peningkatan mutu layanan pendidikan melalui pemahaman kepuasan

pelanggan. Yogyakarta

Mulyono. (2024). Manajemen mutu dalam pendidikan dasar: Fokus pada pelanggan

sebagai strategi peningkatan mutu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wijaya, A., Setiawan, R., & Prasetyo, H. (2019).

Kepuasan pelanggan dalam pendidikan: Konsep dan implementasi. Bandung:

Alfabeta.

Yuniza, R., Sukmawati, D., & Chiar, A. (n.t.). Peningkatan layanan pendidikan

melalui survei kepuasan pelanggan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta:

Depdiknas.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education. London: Routledge.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 23 Tahun 2015 tentang

Penumbuhan Budi Pekerti.

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2020). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur

Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV Budi Utama.

Buku ini membahas strategi pemasaran jasa, termasuk pengukuran

kepuasan dan loyalitas pelanggan, yang relevan untuk diterapkan dalam

konteks pendidikan.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Menyediakan dasar teori manajemen pemasaran dan pemasaran jasa yang

dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Membahas konsep bauran pemasaran dan pengaruhnya terhadap loyalitas

konsumen, yang dapat diadaptasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna

jasa pendidikan.

Lovelock, C., Writz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi,

Strategi (Edisi ke-7). Erlangga.

Memberikan wawasan tentang pemasaran jasa dengan fokus pada aspek

manusia, teknologi, dan strategi, yang penting dalam konteks pendidikan.

Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.

Center of Academic Publishing Service (CAPS).

Menyajikan konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen yang

dapat diadaptasi untuk penelitian di sektor pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-12