Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Subtema Benda Tunggal dan Campuran
Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bojong 02 Kecamatan Kemang Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24217Keywords:
Bahan ajar, Heyzine, e-book, RnD.Abstract
Mahda Risa 037120058. Development of E-Book Teaching Materials Using the Heyzine Application on the Subtheme of Single and Mixed Objects. The research subjects were 32 students of grade V SDN Bojong 02, Kemang District, the research was conducted in the even semester of the 2023/2024 school year. The research method used is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analyzing the needs of the learning process still using printed books, then planning the preparation of e-book teaching materials. Continued by developing products that have been designed for media, language, and material experts. Implementing it to grade V SDN Bojong 02 and evaluating the results of student responses to the products that have been developed. The results of the study showed that the development of this e-book teaching material obtained 94% from media experts, 96% from language experts, 100% from material experts in the field of evaluation, and 82.25% from student responses. Based on these results, it can be concluded that e-book teaching materials using applications Heyzine are very suitable for use in the learning process.Downloads
References
Aini, S. D., Hasanah, S. I., Nuritasari,
F., Munawwaroh, M., & Wahyuni, S.
(2023). Pendampingan Pembuatan
Media Pembelajaran Klopedimatika
Berbasis Kearifan Madura. Jurnal Lokal
Kabar Masyarakat, 1(4), 226-238.
Andes, D., Hanifah, N., & Syahid, A. A.
(2024). Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya
Ilmiah Guru, 9(2), 540-547.
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024).
Pengembangan E-Modul Berbasis
Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1),
2565-2576.
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024).
Pengembangan E-Modul Berbasis
Heyzine Flipbook pada Mata
Pelajaran Otomatisasi Humas dan
Keprotokolan di SMKN 2 Buduran
Sidoarjo. Innovative: Journal Of
Social Science Research, 4(1),
2565-2576.
Ayunin, R. Q., Maruti, E. S., &
Samsiyah, N. (2023). Pengembangan Media E-Book Interaktif Berbasis Budaya Lokal Ponorogo Dalam Pembelajaran
Tematik Pada Siswa Kelas V
Sekolah Dasar. Prosiding
Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 683
692.
Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N.
(2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia:
Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan
Pengajarannya, 6(2), 437-448.
Cintiaraa, D. A., Syahada, A. A., &
Majdudin, F. N. (2023). Relevansi
Open Educational Resources (E
Book) dalam Finansial Penghematan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan
Teknologi, 2(1), 384-392.
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., &
Saraswati, I. D. A. P. D. (2022).
Pengembangan E-Modul Logika
Matematika Dengan Heyzine Untuk
Menunjang Pembelajaran Di Smk.
Jurnal Pendidikan Matematika
(JPM), 8(2), 71-80.
Fauzie, D. F., Komariah, K., &
Furnamasari, Y. F. (2023).
Pengembangan E-Book Interaktif
Anti Korupsi Melalui Kegiatan P5 Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang
Pendidikan Indonesia, 1(4), 01-18.
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P.,
& Wardani, M. A. (2022). Penggunaan
media interaktif berbasis ebook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352-7359.
Hasan, M., Sihotang, D. O., Pagiling,
S. L., Tanjung, R., Lotulung, C.,
Aruan, D. G. R., ... & Iwan, I. (2023).
Riset Pendidikan. Penerbit Kita
Menulis.
Herdianto, F., Prayito, M., & Yuliana,
V. A. (2023, July). 50. Peningkatan
Hasil Belajar Kognitif dengan Model
Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Kelas IV SD 1 Payaman Kudus. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 448
454).
Hidayat, T., & Dewi, N. R. (2024,
February). Kajian Teori:
Pengembangan Bahan Ajar Aljabar
Berorientasi Model Pembelajaran
Preprospec Berbantuan Heyzine
Flipbooks Bernuansa STEM untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 235243).
Isnantyo, F. D., Sumarni, S., & Siswanto, B. Pendampingan (2019). pengembangan
bahan ajar melalui digital book
pada guru-guru smk teknik
bangunan. SENADIMAS.
Janah, N. N., Budiana, S., & Gani, R.
A. (2022). Pengembangan E-Book
Berbasis Flip PDF Professional
pada Tema 9 Subtema Kegiatan
Berbasis Literasi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 78947901.
Khairunnisa, G. (2024). Optimalisasi
Pembelajaran: Panduan Digitalisasi Bahan Ajar bagi Guru di SDN 03 Situjuah Banda Dalam. Dewantara: Jurnal Pendidikan
Sosial Humaniora, 3(2), 90-99.
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M.
A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112.
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., &
Wiarta, I. W. (2022). Bahan ajar
digital interaktif berbasis problem
based learning materi keragaman
budaya. Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan, 6(1),
127-136.
Mellisa, M., Hajar, I., Herlina, S.,
Pebriani, P., & Anthonia, S. (2024).
Analisis Kebutuhan
Pengembangan Bahan Ajar Modul
Hidroponik Berbasis Hasil
Penelitian. Perspektif Pendidikan
dan Keguruan, 15(1), 1-7.
Multifah, S., Yuliana, R., & Andriana,
E. (2018). Pengembangan Bahan
Ajar Digital Berbasis Multiliterasi
Untuk Melatih Keterampilan
Membaca Pemahaman di SD.
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset
Pedagogik, 7(1), 48-58.
Nafingah, H., & Suciptaningsih, O. A.
(2024). Pengembangan Bahan Ajar
Digital Flipbook Digital Berbantuan
Aplikasi Heyzine Pembelajaran IPAS untuk Materi Kayanya Negeriku Kelas 4 SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,
7(7), 6780-6784.
Noor, A. F., Candrawangi, R., Qory, D.
L., & Ashfiyah, A. (2023). ANALISIS
MATERI E-BOOK AL-MUMTAZ
JILID I DALAM PENERAPAN
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
UNTUK SISWA TK B. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 9(1). Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan
matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128.
Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021).
Pendekatan Konstruktivisme dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu di
SD Negeri Sumogawe 01 Kab.
Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal
Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2),
86-95.
Oktariyani, M. P., Arief, Z. A., & Raini,
Y. (2023). Studi Literatur
Pengembangan Buku Elektronik
Interaktif berbasis Hypercontent
pada Mata Kuliah Pengantar
Teknologi Pendidikan. PROSIDING
TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 3(1),
54-59.
Oktariyani, M. P., Arief, Z. A., & Raini,
Y. (2023). Studi Literatur Pengembangan Buku Elektronik Interaktif berbasis Hypercontent pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 3(1), 54-59.
Prajawinanti, A., & Khoirunnisa, N.
(2023). Analisis Pemanfaatan E-book Sebagai Bahan Penunjang Pembelajaran Oleh Pengguna Perpustakaan SMAN 1
Kedungwaru Tulungagung. THE LIGHT: Journal of Librarianship and Information Science, 3(1), 11-21.
Prasetyo, D., & Zulherman, Z. (2023).
Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1709-1718.
Qouri, N. R., & Zulherman, Z.
(2023). Pengembangan E-Book
Berbantuan Heyzine pada Materi
Sistem Pencernaan Manusia untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (11),
9622–9629.
Raharjo, A. A., Supratman, S., &
Lestari, P. (2022). Analisis kompetensi strategis matematis matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik melalui blended learning berbantuan
flipbook. Delta-Pi: Jurnal
Matematika dan Pendidikan
Matematika, 11(2), 149-163.
Rajab, A., Dewa, N. Y., Nabil, M., &
Muhaymin, S. (2024). Peningkatan
Kemampuan Membaca Siswa
Menggunakan Media E-Book SD 1
Muhammadiyah Turikale. Jurnal
Guru Pencerah Semesta, 2(4),
631-647.
Rifqiawati, I., & Madani, W. F. (2023,
August). Pemanfaatan Konsep
Paperless Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Ligkungan Pada Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 1).
Salsabila, A., Safitri, N., & Suchyadi,
Y. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA SUBTEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 9(04), 2305-2317.
SARI, A. A. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK NAPZA SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PENCEGAHANPENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMAN 15 WAJO.
Sari, R. K. (2021). Penelitian
kepustakaan dalam penelitian
pengembangan pendidikan bahasa
Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60-69.
Satriani, E., & Pryanti, D. (2024).
Pelatihan Desain E-Modul Berbasis
Aplikasi Heyzine Flipbook bagi
Guru SMK YAPIM
Pekanbaru. Jurnal Pengabdian
UNDIKMA, 5(2), 229-236.
Septia, R., & Sesmiarni, Z. (2023).
Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Neurosains Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Pada Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Dan Teknologi
Indonesia, 3(10), 447-454.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.