Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Subtema Benda Tunggal dan Campuran

Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bojong 02 Kecamatan Kemang Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Mahda Risa Universitas Pakuan
  • Iyan Irdiyansyah Universitas Pakuan
  • Mira Mirawati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24217

Keywords:

Bahan ajar, Heyzine, e-book, RnD.

Abstract

Mahda Risa 037120058. Development of E-Book Teaching Materials Using the Heyzine Application on the Subtheme of Single and Mixed Objects. The research subjects were 32 students of grade V SDN Bojong 02, Kemang District, the research was conducted in the even semester of the 2023/2024 school year. The research method used is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analyzing the needs of the learning process still using printed books, then planning the preparation of e-book teaching materials. Continued by developing products that have been designed for media, language, and material experts. Implementing it to grade V SDN Bojong 02 and evaluating the results of student responses to the products that have been developed. The results of the study showed that the development of this e-book teaching material obtained 94% from media experts, 96% from language experts, 100% from material experts in the field of evaluation, and 82.25% from student responses. Based on these results, it can be concluded that e-book teaching materials using applications Heyzine are very suitable for use in the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. D., Hasanah, S. I., Nuritasari,

F., Munawwaroh, M., & Wahyuni, S.

(2023). Pendampingan Pembuatan

Media Pembelajaran Klopedimatika

Berbasis Kearifan Madura. Jurnal Lokal

Kabar Masyarakat, 1(4), 226-238.

Andes, D., Hanifah, N., & Syahid, A. A.

(2024). Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya

Ilmiah Guru, 9(2), 540-547.

Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024).

Pengembangan E-Modul Berbasis

Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1),

2565-2576.

Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024).

Pengembangan E-Modul Berbasis

Heyzine Flipbook pada Mata

Pelajaran Otomatisasi Humas dan

Keprotokolan di SMKN 2 Buduran

Sidoarjo. Innovative: Journal Of

Social Science Research, 4(1),

2565-2576.

Ayunin, R. Q., Maruti, E. S., &

Samsiyah, N. (2023). Pengembangan Media E-Book Interaktif Berbasis Budaya Lokal Ponorogo Dalam Pembelajaran

Tematik Pada Siswa Kelas V

Sekolah Dasar. Prosiding

Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 683

692.

Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N.

(2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia:

Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan

Pengajarannya, 6(2), 437-448.

Cintiaraa, D. A., Syahada, A. A., &

Majdudin, F. N. (2023). Relevansi

Open Educational Resources (E

Book) dalam Finansial Penghematan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan

Teknologi, 2(1), 384-392.

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., &

Saraswati, I. D. A. P. D. (2022).

Pengembangan E-Modul Logika

Matematika Dengan Heyzine Untuk

Menunjang Pembelajaran Di Smk.

Jurnal Pendidikan Matematika

(JPM), 8(2), 71-80.

Fauzie, D. F., Komariah, K., &

Furnamasari, Y. F. (2023).

Pengembangan E-Book Interaktif

Anti Korupsi Melalui Kegiatan P5 Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang

Pendidikan Indonesia, 1(4), 01-18.

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P.,

& Wardani, M. A. (2022). Penggunaan

media interaktif berbasis ebook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352-7359.

Hasan, M., Sihotang, D. O., Pagiling,

S. L., Tanjung, R., Lotulung, C.,

Aruan, D. G. R., ... & Iwan, I. (2023).

Riset Pendidikan. Penerbit Kita

Menulis.

Herdianto, F., Prayito, M., & Yuliana,

V. A. (2023, July). 50. Peningkatan

Hasil Belajar Kognitif dengan Model

Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Kelas IV SD 1 Payaman Kudus. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 448

454).

Hidayat, T., & Dewi, N. R. (2024,

February). Kajian Teori:

Pengembangan Bahan Ajar Aljabar

Berorientasi Model Pembelajaran

Preprospec Berbantuan Heyzine

Flipbooks Bernuansa STEM untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 235243).

Isnantyo, F. D., Sumarni, S., & Siswanto, B. Pendampingan (2019). pengembangan

bahan ajar melalui digital book

pada guru-guru smk teknik

bangunan. SENADIMAS.

Janah, N. N., Budiana, S., & Gani, R.

A. (2022). Pengembangan E-Book

Berbasis Flip PDF Professional

pada Tema 9 Subtema Kegiatan

Berbasis Literasi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 78947901.

Khairunnisa, G. (2024). Optimalisasi

Pembelajaran: Panduan Digitalisasi Bahan Ajar bagi Guru di SDN 03 Situjuah Banda Dalam. Dewantara: Jurnal Pendidikan

Sosial Humaniora, 3(2), 90-99.

Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M.

A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112.

Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., &

Wiarta, I. W. (2022). Bahan ajar

digital interaktif berbasis problem

based learning materi keragaman

budaya. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan, 6(1),

127-136.

Mellisa, M., Hajar, I., Herlina, S.,

Pebriani, P., & Anthonia, S. (2024).

Analisis Kebutuhan

Pengembangan Bahan Ajar Modul

Hidroponik Berbasis Hasil

Penelitian. Perspektif Pendidikan

dan Keguruan, 15(1), 1-7.

Multifah, S., Yuliana, R., & Andriana,

E. (2018). Pengembangan Bahan

Ajar Digital Berbasis Multiliterasi

Untuk Melatih Keterampilan

Membaca Pemahaman di SD.

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset

Pedagogik, 7(1), 48-58.

Nafingah, H., & Suciptaningsih, O. A.

(2024). Pengembangan Bahan Ajar

Digital Flipbook Digital Berbantuan

Aplikasi Heyzine Pembelajaran IPAS untuk Materi Kayanya Negeriku Kelas 4 SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,

7(7), 6780-6784.

Noor, A. F., Candrawangi, R., Qory, D.

L., & Ashfiyah, A. (2023). ANALISIS

MATERI E-BOOK AL-MUMTAZ

JILID I DALAM PENERAPAN

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

UNTUK SISWA TK B. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 9(1). Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan

matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128.

Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021).

Pendekatan Konstruktivisme dalam

Pembelajaran Tematik Terpadu di

SD Negeri Sumogawe 01 Kab.

Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal

Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2),

86-95.

Oktariyani, M. P., Arief, Z. A., & Raini,

Y. (2023). Studi Literatur

Pengembangan Buku Elektronik

Interaktif berbasis Hypercontent

pada Mata Kuliah Pengantar

Teknologi Pendidikan. PROSIDING

TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 3(1),

54-59.

Oktariyani, M. P., Arief, Z. A., & Raini,

Y. (2023). Studi Literatur Pengembangan Buku Elektronik Interaktif berbasis Hypercontent pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 3(1), 54-59.

Prajawinanti, A., & Khoirunnisa, N.

(2023). Analisis Pemanfaatan E-book Sebagai Bahan Penunjang Pembelajaran Oleh Pengguna Perpustakaan SMAN 1

Kedungwaru Tulungagung. THE LIGHT: Journal of Librarianship and Information Science, 3(1), 11-21.

Prasetyo, D., & Zulherman, Z. (2023).

Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1709-1718.

Qouri, N. R., & Zulherman, Z.

(2023). Pengembangan E-Book

Berbantuan Heyzine pada Materi

Sistem Pencernaan Manusia untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas V Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (11),

9622–9629.

Raharjo, A. A., Supratman, S., &

Lestari, P. (2022). Analisis kompetensi strategis matematis matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik melalui blended learning berbantuan

flipbook. Delta-Pi: Jurnal

Matematika dan Pendidikan

Matematika, 11(2), 149-163.

Rajab, A., Dewa, N. Y., Nabil, M., &

Muhaymin, S. (2024). Peningkatan

Kemampuan Membaca Siswa

Menggunakan Media E-Book SD 1

Muhammadiyah Turikale. Jurnal

Guru Pencerah Semesta, 2(4),

631-647.

Rifqiawati, I., & Madani, W. F. (2023,

August). Pemanfaatan Konsep

Paperless Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Ligkungan Pada Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 1).

Salsabila, A., Safitri, N., & Suchyadi,

Y. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA SUBTEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 9(04), 2305-2317.

SARI, A. A. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK NAPZA SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PENCEGAHANPENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMAN 15 WAJO.

Sari, R. K. (2021). Penelitian

kepustakaan dalam penelitian

pengembangan pendidikan bahasa

Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60-69.

Satriani, E., & Pryanti, D. (2024).

Pelatihan Desain E-Modul Berbasis

Aplikasi Heyzine Flipbook bagi

Guru SMK YAPIM

Pekanbaru. Jurnal Pengabdian

UNDIKMA, 5(2), 229-236.

Septia, R., & Sesmiarni, Z. (2023).

Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Neurosains Pada Mata

Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Pada Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dan Teknologi

Indonesia, 3(10), 447-454.

Downloads

Published

2025-06-01