PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD INPRES TOMRA

Authors

  • Jems Sopacua Universitas Pattimura
  • Dovila Johansz Universitas Pattimura
  • Lestari Lestari Universitas Pattimura
  • Stelie D. Ratumanan Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24192

Keywords:

wordwall, interactive learning media, learning outcomes, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPA di SD Inpres Tomra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Sampel penelitian sebanyak 22 siswa yang mengikuti pre-test sebelum intervensi dan post-test setelah pembelajaran dengan Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah menggunakan Wordwall. Rata-rata nilai pre-test sebesar 54,17 meningkat menjadi 83,05 pada post-test. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa Wordwall merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Media interaktif seperti Wordwall dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Buchari Agustini. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.

Chailani, M. I. (2019). Pemikiran Harun Nasution tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan di Era Modern. Manazhim, 1(2), 45–60. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i2.207

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, A. M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Fatmawati, I. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Mustakin, I. (2010). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Nuraeni, F., Rahayu, P., Hasyim, B., Septiani, D., Khuluqiyah, D. A., & Nurisani, D. A. (2023). Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2020). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Shoffa, S. (2024). Media Pembelajaran. In Repository.Uinsu. CV. Afasa Pustaka. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read

Sri Wulan Anggraeni, Yayan Alpian, Depi Prihamdani, E. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Suarmini, N. K. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tegallalang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 328–339.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Downloads

Published

2025-06-02