Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mempelajari Mitigasi Bencana

Authors

  • Elisah Elisah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.24165

Keywords:

media pembelajaran, smart box, mitigasi bencana, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan kelayakan dari media pembelajaran smart box pada materi  mitigasi bencana di kelas 5 SDN Padarama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADIEE. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli pedagogik,  1 orang guru, dan 25 orang siswa kelas V SDN Padarama. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket validasi serta respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan  bahwa media pembelajaran smart box pada materi mitigasi bencana memperoleh rata-rata nilai dari Uji ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 94,44 %, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 96,42 %, uji ahli pedagogik memperoleh presentase 88,46 %, dan uji terhadap siswa memperoleh rata-rata 95,25%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran Smart Box dinyatakan sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran mitigasi bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aresti, P., Eli, R., Reni, K., & Septiana, L. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar. 4(5), 9758–9762.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Azizah, Mir’Atul, R. Khoirudin Apriadi, R. Tri Januarti, Tri Winugroho, Sugeng Yulianto, Wahyu Kurniawan, and I. D. K. Kerta Widana. 2022. “Kajian Risiko Bencana Berdasarkan Jumlah Kejadian Dan Dampak Bencana Di Indonesia Periode Tahun 2010 – 2020.” PENDIPA Journal of Science Education 6(1):35–40.

BNPB (2017) Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dhini, V. Azkiya. 2021. “BNPB: Kejadian Bencana Alam Indonesia Capai 3.058 Sepanjang2021.

Gumanti, T. A., Yunidar, & Syahrudin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Husein, Rahmawati. 2014. Bencana Di Indonesia Dan Pergeseran Paradigma Penanggulangan Bencana: Catatan Ringkasan. Yogyakarta.

Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 745–751.

Jati, Dr. Raditya. 2020. “Sebanyak 2.925 Bencana Alam Terjadi Pada 2020 Di Tanah Air, Bencana Hidrometeorologi Mendominasi.”

Kemendikbud. 2022. Merdeka belajar.Tanya jawab kurikulum merdeka. Jakarta: kemendikbud RI.

Lillah, L. Y., Muhammad Suwignyo Prayogo, I. A., & Farida, S. N. (2024). Pengembangan Media Papan Fungsi Panca Indra pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 2 MI Darul Ulum Sumber Agung. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5(11), 105–117.

Maulidiana, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1664–1675.

Mediawadi, KD, & Bayu. G.J. dan J. (2022). Media Pembelajaran KOSIFACAY pada Muatan IPA Kelas IV Sekolahh Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5 (2), 349-358. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48875

Nyoman, N., & Wati, K. (2023). Pendidikan Dasar Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 171–180.

Pertahanan, K. (2016). Pencegahan Dan Mitigasi Bencana. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611.

Renti Oktaria, Andi Windah, Nandi Haerudin, P. P. (2022). Analisis Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Disaster Self Awareness Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 10–20.

Rizki, A., & Pambudi, D. I. (2020). Analisis Kesiapan SD Muhammadiyah MBS Prambanan Menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), x(xx), 1–5.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukirman, S., Reza, W. A., & Sujalwo, S. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtual Reality untuk Simulasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Lingkungan Maya. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 5(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.8054

Suwarningsih, S., Nurwidiasmara, L., & Mujahidah, Z. (2019). Lansia Dalam Menghadapi Bencana Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(2), 134–146. https://doi.org/10.37012/jik.v11i2.78

Tung, K. Y. (2017). Desain Instruksional, Pengembangan Model & Implementasinya Penerbit Andi Yogyakarta

Widanty, T., & Pamungkas, J. (2023). Pengembangan Media Flashcard Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5733–5744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5258

Yulianto, Sugeng, R. Khoirudin Apriyadi, Aprilyanto, Tri Winugroho, I. Sarikanti Ponangsera, and Wilopo. 2021. “Histori Bencana Dan Penanggulangannya Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Keamanan Nasional.” PENDIPA Journal of Science Education 5(2):180–87.

Zahara, S. (2019). Peran sekolah dalam pendidikan migitasi bencana di sekolah menengah atas. Jurnal Pencerahan, 13(2), 144–155.

Downloads

Published

2025-08-04