Pengembangan E-Modul Interaktif Topik Perubahan Iklim untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24164Keywords:
E-Modul, Perubahan Iklim, Pembelajaran Interaktif, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif dengan topik perubahan iklim untuk siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi . Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli materi dan angket respon siswa untuk mengeluarkan modul kelayakan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan mendapatkan persentase validasi dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Sementara itu, hasil angket respon siswa mencapai 91,75%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Observasi selama implementasi juga menunjukkan antusiasme siswa yang tinggi dalam menggunakan e-modul sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, e-modul interaktif topik perubahan iklim untuk siswa Sekolah Dasar dapat dianggap sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai bahan terbuka dalam pembelajaran di kelas.Downloads
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (5 ed.). PT Rineka Cipta.
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Dalam Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI (Vol. 2, Nomor 2).
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Literasi Nusantara.
Harmoni, A. (2005). Dampak Sosial Ekonomi Perubahan Iklim. Seminar Nasional PESAT.
Hidayat, A. (2023). Dampak Perubahan Iklim terhadap Pertanian dan Strategi Adaptasi yang Diterapkan oleh Petani. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/mw5ge
Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook pada Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 39–51. https://doi.org/10.22219/jp2sd
Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Legionosuko, T., Madjid, M. A., Asmoro, N., & Samudro, E. G. (2019). Posisi dan Strategi Indonesia dalam Menghadapi Perubahan Iklim guna Mendukung Ketahanan Nasional. Jurnal Ketahanan Nasional, 25(3), 295. https://doi.org/10.22146/jkn.50907
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Siswa pada Materi Biologi melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA, 2(2), 51–59. https://scholar.google.co.id,
Noor, I. A. (2023). Peran Keanekaragaman Hayati di Indonesia dalam Mengatasi Perubahan Iklim Global. Prosiding SEMNAS BIO 2023 UIN Paden Fatah Palembang.
Pengelola Siaran Pers. (2024, Oktober 11). Pendidikan Perubahan Iklim Masuk Kurikulum Melalui Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 510/sipers/A6/X/2024.
Prihatiningtyas, W., Wijoyo, S., Wahyuni, I., & Fitriana, Z. M. (2023). Perspektif Keadilan dalam Kebijakan Perdagangan Karbok (Carbon Trading) di Indonesia sebagai Upaya Mengatasi Perubahan Iklim. Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 163–186. https://doi.org/10.24246/jrh.2022.v7.i2.p163-186
Putra, R. W. Y., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Matematika Siswa MTS. Jurnal Untirta, 12(1).
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal Visipena, 12(1), 45.
Rosyada, K., & Rivai Ras, A. (t.t.). Potensi Blue Carbon dalam Penanganan Perubahan Iklim Guna Menunjang Keamanan Maritim Indonesia.
Saprudin, S., Irfan Ahlak, Astuti Salim, Ade Hi Haerullah, Fatma Hamid, & Nurdin Abdul Rahman. (2022). Pengembangan e-Modul Interaktif Getaran dan Gelombang (eMIGG) untuk Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 97–106. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.549
Sari, R., & Anggreni, F. (2023). Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada KKG MI Se-Kota Langsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 291(2). https://doi.org/10.37905/dikmas.3.2.291-298.2023
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Sumampouw, O. J. (2019). Perubahan Iklim dan Kesehatan Masyarakat (1 ed.).
Susilawati. (2021). Dampak Perubahan Iklim terhadap Kesehatan.
Ulfa, M. (2018). Persepsi Masyarakat Nelayan dalam Menghadapi Perubahan Iklim (Ditinjau dalam Aspek Sosial Ekonomi. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 41–49. https://doi.org/10.17977/um017v23i12018p041
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.