PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS BUDAYA MELAYU RIAU DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24113Keywords:
Learning Media, Augmented Realitty, Riau Malay CultureAbstract
Di era digital, peran teknologi dan informasi komunikasi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi, juga membawa inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran di era digital yaitu, augmented reality. Augmented Reality menawarkan solusi dengan menghadirkan visualisasi 3D, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekolah dasar yang valid dan praktis. Media pembelajaran augmented reality dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Validasi produk dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, materi, dan bahasa dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 92,36% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada peserta didik memperoleh skor rata-rata keseluruhan 89,8% dengan kategori sangat praktis dan respon guru sebesar 95,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekoah dasar layak digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Batubara, H. (2020). Model Penelitian
dan Pengembangan Media
Pembelajaran.
Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono,
A. (2022). Efektivitas
Penggunaan Media
Pembelajaran IPS Berbasis
Augmented Reality untuk
Meningkatkan Kompetensi
Pengetahuan Siswa. Jurnal
Basicedu, 6(5), 8686–8694.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v6i5.3901
Hasan, M., Milawati, Darodjat,
Khairani, H., & Tahrim, T. (2021).
Media Pembelajaran. In Tahta
Media Group.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis
Mengolah Data Kuesioner
Menggunakan SPSS. PT Elex
Media Komputindo.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis
Augmented Reality. Jurnal
Edukasi Elektro, 1(1).
https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.1
6448
Saputri, D., Mellisa, Hidayati, N., &
Fauziah, N. (2023). Lembar
Validasi: Instrumen yang
Digunakan Untuk Menilai Produk
yang Dikembangkan Pada
Penelitian Pengembangan
Bidang Pendidikan. Biology and
Education Journal, 3(2), 133–
151.
Selvia Hijraningsih, Lalu Hamdian
Affandi, Vivi Rachmatul Hidayati,
& Iva Nurmawanti. (2024).
Pengembangan Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.