PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS BUDAYA MELAYU RIAU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Aini Aztera Universitas Riau
  • Zufriady PGSD FKIP Universitas Riau
  • Hendri Marhadi PGSD FKIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24113

Keywords:

Learning Media, Augmented Realitty, Riau Malay Culture

Abstract

Di era digital, peran teknologi dan informasi komunikasi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi, juga membawa inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran di era digital yaitu, augmented reality. Augmented Reality menawarkan solusi dengan menghadirkan visualisasi 3D, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekolah dasar yang valid dan praktis. Media pembelajaran augmented reality dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Validasi produk dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, materi, dan bahasa dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 92,36% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada peserta didik memperoleh skor rata-rata keseluruhan 89,8% dengan kategori sangat praktis dan respon guru sebesar 95,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekoah dasar layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, H. (2020). Model Penelitian

dan Pengembangan Media

Pembelajaran.

Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono,

A. (2022). Efektivitas

Penggunaan Media

Pembelajaran IPS Berbasis

Augmented Reality untuk

Meningkatkan Kompetensi

Pengetahuan Siswa. Jurnal

Basicedu, 6(5), 8686–8694.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v6i5.3901

Hasan, M., Milawati, Darodjat,

Khairani, H., & Tahrim, T. (2021).

Media Pembelajaran. In Tahta

Media Group.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis

Mengolah Data Kuesioner

Menggunakan SPSS. PT Elex

Media Komputindo.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis

Augmented Reality. Jurnal

Edukasi Elektro, 1(1).

https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.1

6448

Saputri, D., Mellisa, Hidayati, N., &

Fauziah, N. (2023). Lembar

Validasi: Instrumen yang

Digunakan Untuk Menilai Produk

yang Dikembangkan Pada

Penelitian Pengembangan

Bidang Pendidikan. Biology and

Education Journal, 3(2), 133–

151.

Selvia Hijraningsih, Lalu Hamdian

Affandi, Vivi Rachmatul Hidayati,

& Iva Nurmawanti. (2024).

Pengembangan Media

Downloads

Published

2025-06-01