PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24085Keywords:
hasil belajar siswa; kemampuan literasi; komunikasi belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis besarnya pengaruh kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak sebanyak 64 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh komunikasi siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh literasi dan komunikasi siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa, dengan besarnya pengaruh 72,59% dan sisanya 27,41% dipengaruhi oleh variabel selain kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa.Downloads
References
Amdani, D., Novaliyosi, Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik: Studi literature. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126-4131
Anandhalli, A. (2018). Impact of information literacy skills on the academic achievement of the students: A case study of Anjuman degree college, Vijayapura. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 6(3), 1-16
Andriana, E., dkk. (2023). Optimalisasi Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Literasi Sains Kelas IV SDN Karang Tengah 07. Jurnal Elementaria Edikasia, 6(4), 1828-1834
Arono, dkk. (2022). Exploring the Effect of Digital Literacy Skill and Learning Style of Students on Their Meta-Cognitive Strategies in Listening. International Journal of Instruction, 15(1), 527-546
Asmarawati, E. (2022). Implementation of the independent curriculum in mathematics learning for class x vocational school in the Administrative City of East Jakarta. International Journal of Educational Research &Amp; Social Sciences, 3(5), 1915–1919.
Bahrul, dkk. (2011). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara,
Didipu, I. (2021). Pelangi Literasi Madrasah. Cet. 1. Sukabumi: Haura Utama
Dwisetiarezi, D. dan Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran ipa terintegrasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967
Edwar, Z. S., Ardie, R., dan Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 498-507.
Handayani, S., Masfuah, S., dan Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. EDUCATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240-2246.
Harahap, N. (2022). Action plan curriculum freedom to learn-independent campus field Social Science Islamic Higher Education Institution (PTKIN) In Indonesia. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 2(3), 857-865
Hidayati, N., Zubaedah, S., Suarsini, E, & Praherdhiono, H. (2020). Cognitive Learning Outcomes: Its Relationship with Communication Skills and Collaboration Skills through Digital Mind Maps-Integrated PBL. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 443-448
Holm, P. (2024). Impact of digital literacy on academic achievement: Evidence from anonline anatomy and physiology course. E-Learning and Digital Media, 1-17
Jefri, N. (2022). Pengaruh Kompetensi Komunikasi Instruksional Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Melalui Hasil belajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 9-19
Kemendikbud-RI. (2021). Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. Jakarta: dan Teknologi, Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direkrorat Sekolah Dasar
Magdalena, I., M, Akbar., dan R, S. (2019). Evaluation Of The Implementation Of The School Literacy Movement In Elementary Schools In The District And City Of Tangerang. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 6(4) 537-549
Mahmudah, S., Widayati, M., dan Purbosari, P. M. (2022). Peningkatan kemampuan literasi dan hasil belajar IPA melalui model problem based learning. Educatif: Journal of Education Research, 4(4), 32-39
Marimbun, A. dan Tambunan, W. (2022). Pengaruh gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78-82
Melisa, Hakim, L., dan Sya’roni. (2023). Analysis of Readiness to Implement the Independent Curriculum Learning in The Era of Society 5.0 In Madrasah Aliyah Negeri in Batanghari Regency. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science (DIJEMSS), 5(1), 10-18
Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., dan Dewi, N. K. (2022). Pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1938-1943
Nulhakim, L., Wibawa, B., dan Erwin, T. N. (2019). Relationship between students’ multiple intelligence-based instructional areas and assessment on academic achievements. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1188(2019), 1-6. DOI:10.1088/1742-6596/1188/1/012086
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.