PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Feny Milenia Dehamayanti Universitas Terbuka
  • Lukman Nulhakim Universitas Terbuka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24085

Keywords:

hasil belajar siswa; kemampuan literasi; komunikasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis besarnya pengaruh kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak sebanyak 64 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh komunikasi siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh literasi dan komunikasi siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa, dengan besarnya pengaruh 72,59% dan sisanya 27,41% dipengaruhi oleh variabel selain kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amdani, D., Novaliyosi, Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik: Studi literature. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126-4131

Anandhalli, A. (2018). Impact of information literacy skills on the academic achievement of the students: A case study of Anjuman degree college, Vijayapura. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 6(3), 1-16

Andriana, E., dkk. (2023). Optimalisasi Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Literasi Sains Kelas IV SDN Karang Tengah 07. Jurnal Elementaria Edikasia, 6(4), 1828-1834

Arono, dkk. (2022). Exploring the Effect of Digital Literacy Skill and Learning Style of Students on Their Meta-Cognitive Strategies in Listening. International Journal of Instruction, 15(1), 527-546

Asmarawati, E. (2022). Implementation of the independent curriculum in mathematics learning for class x vocational school in the Administrative City of East Jakarta. International Journal of Educational Research &Amp; Social Sciences, 3(5), 1915–1919.

Bahrul, dkk. (2011). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara,

Didipu, I. (2021). Pelangi Literasi Madrasah. Cet. 1. Sukabumi: Haura Utama

Dwisetiarezi, D. dan Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran ipa terintegrasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967

Edwar, Z. S., Ardie, R., dan Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 498-507.

Handayani, S., Masfuah, S., dan Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. EDUCATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240-2246.

Harahap, N. (2022). Action plan curriculum freedom to learn-independent campus field Social Science Islamic Higher Education Institution (PTKIN) In Indonesia. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 2(3), 857-865

Hidayati, N., Zubaedah, S., Suarsini, E, & Praherdhiono, H. (2020). Cognitive Learning Outcomes: Its Relationship with Communication Skills and Collaboration Skills through Digital Mind Maps-Integrated PBL. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 443-448

Holm, P. (2024). Impact of digital literacy on academic achievement: Evidence from anonline anatomy and physiology course. E-Learning and Digital Media, 1-17

Jefri, N. (2022). Pengaruh Kompetensi Komunikasi Instruksional Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Melalui Hasil belajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 9-19

Kemendikbud-RI. (2021). Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. Jakarta: dan Teknologi, Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direkrorat Sekolah Dasar

Magdalena, I., M, Akbar., dan R, S. (2019). Evaluation Of The Implementation Of The School Literacy Movement In Elementary Schools In The District And City Of Tangerang. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 6(4) 537-549

Mahmudah, S., Widayati, M., dan Purbosari, P. M. (2022). Peningkatan kemampuan literasi dan hasil belajar IPA melalui model problem based learning. Educatif: Journal of Education Research, 4(4), 32-39

Marimbun, A. dan Tambunan, W. (2022). Pengaruh gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78-82

Melisa, Hakim, L., dan Sya’roni. (2023). Analysis of Readiness to Implement the Independent Curriculum Learning in The Era of Society 5.0 In Madrasah Aliyah Negeri in Batanghari Regency. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science (DIJEMSS), 5(1), 10-18

Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., dan Dewi, N. K. (2022). Pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1938-1943

Nulhakim, L., Wibawa, B., dan Erwin, T. N. (2019). Relationship between students’ multiple intelligence-based instructional areas and assessment on academic achievements. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1188(2019), 1-6. DOI:10.1088/1742-6596/1188/1/012086

Downloads

Published

2025-06-01

Most read articles by the same author(s)