ANALISIS TANTANGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24044Keywords:
tantangan belajar, Pembelajaran IPASAbstract
Tantangan belajar merupakan kesulitan atau hambatan yang dialami seseorang dalam proses belajar baik itu dari guru maupun siswa yang berasal dari keberagaman siswa, sementara pada siswa mungkin mengalami tantangan berkonsentrasi, mudah bosan, atau kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ditujukan untuk menganalisis tantangan belajar mata pelajaran IPAS siswa sekolah dasar. Beberapa analisis referensi yang berkaitan dengan isu penelitian dikumpulkan sebagai bagian dari teknik studi literatur kualitatif yang digunakan untuk penelitian ini. Menurut temuan penelitian, guru menghadapi tantangan pada sumber daya yang terbatas dan terbatasnya waktu, untuk itu harus menggunakan metodologi pembelajaran di kelas yang sesuai dengan karakteristik siswanya dan media pembelajaran yang interaktif dan efisien sesuai materi perubahan wujud benda. Lebih jauh lagi, tantangan belajar siswa seperti pemahaman konsepnya, keterbatasan sumber belajar dan motivasi yang kurang dapat diatasi dengan menggunakan metode belajar yang interaktif dan menggunakan contoh nyata serta sumber belajar yang bervariatifDownloads
References
Aldi Pamungkas, Aditya, Tri Saptuti Susiani, and Moh Salimi. 2023. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11 (1): 83–95.
Arifin, M. Fahmi. 2020. “Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI.” Jurnal Inovasi Penelitian 1 (3): 1–4.
Ayu, Sri, Sekar Dwi Ardianti, and Savitri Wanabuliandari. 2021. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (3): 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.
Dyah Anungrat Herzamzam. 2018. “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar.” Visipena Journal 9 (1): 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430.
Elmanisar, Velnika, Rifma, and Sufyarma Marsidin. 2023. “Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan.” Journal Innovation In Education 1 (4): 22–29. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.573.
Halawa, Sahabat, Ratna Natalia Mendrofa, Yulisman Zega, and Yakin Niat Telaumbanua. 2024. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 (3): 1991–97. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1466.
Husein, Ma’ruf Bin. 2020. “Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta.” Cahaya Pendidikan 6 (1): 56–67. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381.
Karim, Arif Abdul. 2016. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Siwalempu Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).” Jurnal Kreatif Tadulako Online 4 (2): 106–23.
Ni Wayan Putri Suartini. 2022. “Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 6 (2): 141–48. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.848.
Nuryani, Sri, Lutfi Hamdani Maulana, and Irna Khaleda Nurmeta. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1 (1): 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103.
Parni. 2017. “Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran.” Tarbiya Islamica 5 (1): 17–30.
Puspitasari, Dwi. 2021. “‘Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Pancur Batu.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) 3 (2): 199–207.
Putri, Arizkylia Yoka, Hitta Alfi Muhimmah, and Nurul Istiqfaroh. 2024. “Standar Pendidikan Nasional Dalam Kebijakan Kurikulum Di Indonesia.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2): 37–48.
Riyanti, Riyanti, Edy Cahyono, Sri Haryani, and Budi Naini Mindyarto. 2021. “Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Prosidin Seminar Nasional Pascasarjana, 203–8.
Susilowati, A. 2022. “Kesulitan Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 9 (1): 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123.
Tunnoor, Saidah, and M. Ihsan Ramadhani. 2020. “Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Di SDN Nusa Indah 1 Kabupaten Tanah Laut.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Budaya 16 (April): 1–23.
Utama, Tara Dika, Afifah Qumariah, Joni Alwis, Yuvela Oktiara, Titi Selvia Pramawati, Nopiar Sugianto, and Badeni. 2025. “Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV.” JOEAI: Journal of Education and Instruction 8: 58–68.
Zi, Fauziah, Intan Winda Irawan, Yuli Yanti, and Reni Guswita. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sd N 37/Ii Pasar Lubuk Landai Kecematan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) 3 (1): 47–51. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.740.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.