PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Desak Ketut Trisna Lestari Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24003

Keywords:

flipbook, reading comprehension, critical thinking.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook berorientasi kearifan lokal Bali yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validitas media memperoleh indeks CVI sebesar 1,00 dan 0,93 dengan kategori validitas istimewa. Berdasarkan penilaian guru, media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 92,14%. Selain itu dalam uji kelompok kecil dan uji perorangan, media pembelajaran memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase 89,69% dan 90,91%. Berdasarkan hasil uji coba, produk dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,654 yang tergolong tinggi. Produk juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan perolehan sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,445 yang tergolong tinggi. Sementara itu, produk juga dinyatakan berpengaruh signifikan secara simultan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal (Juenal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan,1(1).

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Aperta, M., Amini, R., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD.

Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran guru dalam menumbuh kembangkan kemandirian siswa melalui pembelajaran inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59

Dasril, Syahrul, Frasandy, R. N., Juita, A., & Sukma, E. (2024). Strategi Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Media Ilmu, 3(1), 46-58

Dewi, W. S., Siregar, R., Putra, A., & Hidayati, H. (2023). Effect of Problem-Based Learning Model on Students’ physics Problem solving Ability: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2103–2109. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3291

Fahrunnisa, N. (2024). Video Micro Learning: Implementations Tpack In Kinematics Learning. Prosiding SNF (Seminar Nasional Fisika). https://doi.org/10.21009/03.

Downloads

Published

2025-06-01