ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI DAMPAK BULLYING PADA PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI KELAPADUA IV

Penelitian Skripsi

Authors

  • Siska Puspitasari Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23998

Keywords:

Teacher role, bullying impact, and social development

Abstract

Meningkatnya kasus bullying di Indonesia yang berasal dari berbagai aspek baik itu verbal, dan non verbal seperti fisik, sosial, serta cyberbullying. Kasus bullying memberikan dampak yang cukup signifikan dalam aspek kehidupan, salah satunya pada aspek perkembangan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk Bullying di SD Negeri Kelapadua IV, 2) mengetahui bagaimana dampak Bullying pada perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Kelapadua IV, 3) mengetahui bagaimana peran guru dalam mengatasi dampak Bullying pada perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Kelapadua IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini: 1) Bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di SD Negeri Kelapadua IV (1. bullying verbal yaitu mengejek, memanggil nama orang tua, menyebut kekurangan fisik, sikap, dan perilaku, menyuraki teman, dan lain-lain. 2. bullying non verbal (fisik) yaitu mencubit, mendorong, memukul, dan lain-lain), 2) Dampak bullying pada perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Kelapadua IV yaitu korban menjadi pendiam, mengurangi komunikasi, takut berinteraksi dengan pelaku, merasa tersisihkan, dan menjadi pemurung. 3) Peran guru dalam mengatasi dampak bullying pada perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Kelapadua IV yaitu dengan menasehati siswa, membuat kesepakatan di kelas, pemberian pujian pada korban, pemberian motivasi dan semangat, memindahkan tempat duduk, mengadakan kegiatan kerja kelompok, mengadakan kegiatan belajar sambil bermain, memberikan pengarahan, mengadakan diskusi antara korban dan pelaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Bangun, K., B., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun di TK Sos Desa Taruna Medant. A 2018/2019. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 24–29.

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Erina, A., Aulia, N. N., & Ipah, S. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152

Halim, A., Qur, N., & Amanatullah, A. (2024). Upaya Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada SDN Pluit 03 Jakarta Utara. Journal on Education, 06(03), 17619–17627.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif) (Pertama). Kencana.

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(Vol 4, No 1 (2020)), 52–63.

Ihyadin, I., Nugraheni, D., Rokhmah, & Ardya Garini, H. (n.d.). STRATEGI PENGONDISIAN KELAS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KESEPAKATAN KELAS DAN PERMAINAN Ilyas Ihyadin1 ) *, Diah Nugraheni 2) , Rokhmah 3) , Hana Ardya Garini 4) 1. 63–70.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Istiqomah, I., & Hidayati, D. S. (2020). Psychoeducation of preventive action against bullying behavior in MIN 1 Blitar. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 128–133. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12307

Kholifah, S. (2019). PENDAHULUAN Pendidikan mempunyai peran untuk meningkatkan sumber daya manusia , maka masyarakat dengan segala kesadarannya berusaha untuk menyekolahkan putra-putrinya . Hal ini dapat dilihat pada setiap ajaran baru , pada setiap tahunnya jumlah siswa sema. 52–59. Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Bangun, K., B., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun di TK Sos Desa Taruna Medant. A 2018/2019. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 24–29.

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Erina, A., Aulia, N. N., & Ipah, S. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152

Halim, A., Qur, N., & Amanatullah, A. (2024). Upaya Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada SDN Pluit 03 Jakarta Utara. Journal on Education, 06(03), 17619–17627.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif) (Pertama). Kencana.

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(Vol 4, No 1 (2020)), 52–63.

Ihyadin, I., Nugraheni, D., Rokhmah, & Ardya Garini, H. (n.d.). STRATEGI PENGONDISIAN KELAS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KESEPAKATAN KELAS DAN PERMAINAN Ilyas Ihyadin1 ) *, Diah Nugraheni 2) , Rokhmah 3) , Hana Ardya Garini 4) 1. 63–70.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Istiqomah, I., & Hidayati, D. S. (2020). Psychoeducation of preventive action against bullying behavior in MIN 1 Blitar. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 128–133. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12307

Kholifah, S. (2019). PENDAHULUAN Pendidikan mempunyai peran untuk meningkatkan sumber daya manusia , maka masyarakat dengan segala kesadarannya berusaha untuk menyekolahkan putra-putrinya . Hal ini dapat dilihat pada setiap ajaran baru , pada setiap tahunnya jumlah siswa sema. 52–59.

Lauren, D. I. (2019). Bystander Student ’ s Perception about Bullying Behavior. 1(4), 1–5. https://doi.org/10.24036/00181kons2019

Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2020). KETAHANAN DUDUK PESERTA DIDIK DALAM PROSES. 12(2), 125–130.

Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2015, 99–104. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426

Mochamad Nursalim. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Perilaku Bullying Siswa Kelas Vii Mpn 2 Gedangan. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Mujazi, Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R., Pardede, L., & Regina, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3, 2(1), 367–374.

Nasution, M. H. (2020). Metode Nasihat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.53-64

Nurdiansyah, A. (2020). Bullying, intimidasi. Bullying, 1–9.

Pangestika, S. (2018). HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN MOTIVASI THE CORRELATION BETWEEN SELF-CONFIDENCE WITH SCIENCE ACHIEVEMENT.

Purwati, I., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 95–100. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2440

Putro Perlindungan, D., & Anandia, Y. (2018). Pengaruh pola tempat duduk terhadap interaksi siswa. 115–126.

Sazidah, M., Madani Hanifah, R., Vaniar Haliza, R., & Marini, A. (2023). PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. 2(6), 829–838.

Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan RnD (kedua). Alfabeta.

Taqwim, T. M. (2021). Profesi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–4.

Downloads

Published

2025-06-02