PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Herlina Rusdi Universitas Negeri Padang
  • Rifadhilla Ervianti Universitas Negeri Padang
  • Adrias Adrias Universitas Negeri Padang
  • Aissy Putri Zulkarnaini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.23991

Keywords:

media pembelajaran digital, motivasi belajar, siswa SD

Abstract

Dalam pendidikan di abad ke-21, media pembelajaran digital tidak hanya berperan sebagai alat untuk membantu pengajaran, tetapi juga sebagai cara untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi. Media digital juga menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat yang sangat penting untuk menghadapi tantangan global serta perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari media pembelajaran digital pada motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Melalui cara ini, informasi diperoleh dari berbagai jurnal dan referensi yang kemudian ditelaah dan dianalisis untuk memperkuat pembahasan penelitian. Hasil kajian peneliti menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan proses belajar terasa lebih menarik, interaktif, dan tidak monoton. Siswa lebih antusis dan aktif dalam belajar ketika pembelajaran berlangsung menggunakan media digital, seperti video interaktif atau aplikasi edukatif. E-book, multimedia interaktif, dan platform web gratis dapat membantu guru dgam melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih menarik dan inovatif untuk siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran digital berperan penting dalam meningkatkan semangat belajar siswa, diharapkan media pembelajaran digital terus dikembangkan sehingga lebih memudahkan siswa dalam belajar dan dapat menghadapi tantangan pendidikan era digital di masa yang mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel, I., Teknologi, P., & Pembelajaran, M. (2023). 194 | Program Studi Pendidikan

Ekonomi STKIP Bima. 6(2), 194–202.

Azzahra, S., & Prasetyo, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa berdasarkan Perspektif Guru. 1(2), 119–134.

Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi

dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah.

LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b), 829–834.

Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, & Nadila Sofia Hidayat. (2024). Pengaruh Penggunaan

Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan

Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V.

Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Fitri, A. N., & Hadi, M. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada

Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo,

5(2), 133–146. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.6995

Fitri, S. D., Selfiyana, S., Rakhmatika, I., Afifah, N., Handiawan, M. D., Prayogi, A., Fitri,

S. D., Selfiyana, S., & Rakhmatika, I. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran

Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik Di MA

Pembangunan Jakarta. 2(6), 1931–1940.

Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan,

Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review:

Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil

Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.

https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463

Huda, M. M., Tricahyo, V. A., Yusron, R. D. R., & Septarina, A. A. (2024). Analisis

Tingkat Literasi Digital Siswa Berbasis Web Game Edukasi Sebagai Bagian Kesiapan

Pembelajaran Digital. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi

Komputer, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.352

Izzati, I. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa

Pandemi di MI Unwanul Falah. Yasin, 1(1), 45–53.

https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.4

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya

Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,

March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu

Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMB

ELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/5

8ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA

PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Maryati, E., Sholeh, M., Saputra, M. R., Viqri, D., Simarmata, D. E., Yunizha, T. D., &

Syafitr, A. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa di Kelas. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP),

4(2), 165–170. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.408

Mastoah, I., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital

Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar,

9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316

Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Wahyuni, A. H., & Antika, W. (2024). Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Yudistira : Publikasi

Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 237–244.

https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293

NI GUSTI WIDIASTARI, R. P. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS

IV SD INPRES 2 NAMBARU. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat

(Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi

Inversi Pada Nira Tebu, 4(4).

Ningsih, F. S., & Ulya, H. K. (2024). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar pada

Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 4(1), 45–53.

https://doi.org/10.62825/revorma.v4i1.98

Novela, D., Ari Suriani, & Sahrun Nisa. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif

melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and

Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283

Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review:

Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial : Jurnal

Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu

Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1),

19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148

Putri Septiyawati et al. (2022). 1,2,3,4. 2(2), 365–376.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses

Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248.

https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Suardika, I. N. (2022). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah

Bimbingan Konseling Undiksha, 13(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/XXXXXX

XX-0000-00

Wirdayani, A., Kune, S., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended

Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 133.

https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1844

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan,

2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional

Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and

Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920

Downloads

Published

2025-06-01