PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.23991Keywords:
media pembelajaran digital, motivasi belajar, siswa SDAbstract
Dalam pendidikan di abad ke-21, media pembelajaran digital tidak hanya berperan sebagai alat untuk membantu pengajaran, tetapi juga sebagai cara untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi. Media digital juga menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat yang sangat penting untuk menghadapi tantangan global serta perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari media pembelajaran digital pada motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Melalui cara ini, informasi diperoleh dari berbagai jurnal dan referensi yang kemudian ditelaah dan dianalisis untuk memperkuat pembahasan penelitian. Hasil kajian peneliti menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan proses belajar terasa lebih menarik, interaktif, dan tidak monoton. Siswa lebih antusis dan aktif dalam belajar ketika pembelajaran berlangsung menggunakan media digital, seperti video interaktif atau aplikasi edukatif. E-book, multimedia interaktif, dan platform web gratis dapat membantu guru dgam melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih menarik dan inovatif untuk siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran digital berperan penting dalam meningkatkan semangat belajar siswa, diharapkan media pembelajaran digital terus dikembangkan sehingga lebih memudahkan siswa dalam belajar dan dapat menghadapi tantangan pendidikan era digital di masa yang mendatang.Downloads
References
Artikel, I., Teknologi, P., & Pembelajaran, M. (2023). 194 | Program Studi Pendidikan
Ekonomi STKIP Bima. 6(2), 194–202.
Azzahra, S., & Prasetyo, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa berdasarkan Perspektif Guru. 1(2), 119–134.
Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi
dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah.
LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b), 829–834.
Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, & Nadila Sofia Hidayat. (2024). Pengaruh Penggunaan
Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan
Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan
Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V.
Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fitri, A. N., & Hadi, M. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada
Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo,
5(2), 133–146. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.6995
Fitri, S. D., Selfiyana, S., Rakhmatika, I., Afifah, N., Handiawan, M. D., Prayogi, A., Fitri,
S. D., Selfiyana, S., & Rakhmatika, I. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran
Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik Di MA
Pembangunan Jakarta. 2(6), 1931–1940.
Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan,
Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review:
Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil
Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.
https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463
Huda, M. M., Tricahyo, V. A., Yusron, R. D. R., & Septarina, A. A. (2024). Analisis
Tingkat Literasi Digital Siswa Berbasis Web Game Edukasi Sebagai Bagian Kesiapan
Pembelajaran Digital. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi
Komputer, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.352
Izzati, I. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa
Pandemi di MI Unwanul Falah. Yasin, 1(1), 45–53.
https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.4
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya
Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,
March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu
Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMB
ELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/5
8ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA
PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-
Maryati, E., Sholeh, M., Saputra, M. R., Viqri, D., Simarmata, D. E., Yunizha, T. D., &
Syafitr, A. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa di Kelas. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP),
4(2), 165–170. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.408
Mastoah, I., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital
Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar,
9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316
Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Wahyuni, A. H., & Antika, W. (2024). Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Yudistira : Publikasi
Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 237–244.
https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293
NI GUSTI WIDIASTARI, R. P. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS
IV SD INPRES 2 NAMBARU. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat
(Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi
Inversi Pada Nira Tebu, 4(4).
Ningsih, F. S., & Ulya, H. K. (2024). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar pada
Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 4(1), 45–53.
https://doi.org/10.62825/revorma.v4i1.98
Novela, D., Ari Suriani, & Sahrun Nisa. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif
melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and
Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283
Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review:
Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial : Jurnal
Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu
Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1),
19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Putri Septiyawati et al. (2022). 1,2,3,4. 2(2), 365–376.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses
Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248.
https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Suardika, I. N. (2022). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah
Bimbingan Konseling Undiksha, 13(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/XXXXXX
XX-0000-00
Wirdayani, A., Kune, S., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended
Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 133.
https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1844
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan,
2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional
Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and
Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.