MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) PADA TRANSFORMASI SEKOLAH PENGGERAK SDN 198/I PASAR BARU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23894Keywords:
Learning Management Model, STEAM, Transformation of the Driving SchoolAbstract
Sebagai hasil wawancara awal dengan wali kelas V SDN 198/I Pasar Baru, diketahui pembelajaran berbasis STEAM sudah dikelola secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pembelajaran STEAM pada transformasi sekolah penggerak SDN 198/I Pasar Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 198/I Pasar Baru pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah Guru wali kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran STEAM di SDN 198/I Pasar Baru sangat berpengaruh dalam mendukung Transformasi sekolah penggerak. Terdapat 5 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, dimulai dengan guru menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas, merancang rencana pembelajaran berbasis STEAM, menggunakan pendekatan PJBL, mengintegrasikan teknologi, mendorong kolaborasi, menetapkan penilaian yang komprehensif, mempertimbangkan aspek pendukung STEAM. (2) Pelaksanaan, guru menggabungkan elemen STEAM dengan cara membuat sebuah proyek seperti proyek rantai makanan, pembuatan pupuk, pembuatan hiasan dinding, dan karya lainnya yang menggabungkan unsur Sains,Teknologi, Engineering, Art dan Matematika. (3) Pengorganisasian, dalam konteks pengorganisasian guru mengelola pengorganisasian tim kolaboratif, ruang dan fasilitas, hubungan dengan pihak eksternal. (4) Evaluasi, guru melakukan penilaian dan evaluasi pada setiap langkah kegiatan seperti evaluasi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. (5) Pengawasan, guru membagi menjadi 2 bentuk pengawasan yaitu pengawasan secara langsung dan tidak langsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajeman pembelajaran yang baik terkhususnya pembelajaran STEAM dapat memberikan dukungan yang besar terhadap transformasi sekolah penggerak.Downloads
References
Akmalia, Rizki, Dina Oktapia, Elsa Elitia Hasibuan, Irma Tussa’diyah Hasibuan, Nindya Azzahra, and Tri Suci Apriani Harahap. 2023. “Pentingnya Evaluasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1):4089–92. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11661/8945.
Damayanti, et all. 2023. “Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl).” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2(2): 706–19.https://publisherqu.com/index.php/pediaqu.
Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. 2021. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi) 1(1): 28–42. doi:10.30598/jppgivol1issue1page28-42.
Islamiati, Sarah Aprilia, Heri Maria Zulfiati, and Lestari Wijayanti. 2023. “Project Based Learning Berbasis Ajaran Tamansiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2(1):107.https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1584.
Maulida, Siti. 2024. “Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi Dan Tujuan.” OJS, Karimah Tauhid 3: 6014–23.
SUPONO, SUPONO. 2023. “Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Workshop Dan Pendampingan.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah 3(2): 147–56. doi:10.51878/action.v3i2.2253.
Susanti, Yuanita, Muhammad Guntur, Rahmat Jaya, Rinovian Rais, Afif Alfiyanto, and Fitri Hidayati. 2022. “Pengorganisasian Kelas Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Di MI.” At-Tafkir 15(1): 82–97.doi:10.32505/at.v15i1.4352.
Tria, Beby, Dicky Ramadan, and Lia Camanggi. 2023. “Keterampilan Belajar Kelompok.” Journal Educational Management Reviews and Research 2(01): 71–83. doi:10.56406/emrr.v2i01.387.
Wahyuni, Nur, Universitas Battuta, and Universitas Battuta. 2022. “Strategi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” 7(2): 34–41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.