ANALISIS IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM RANGKA PEMENUHAN HAK ANAK DI SDN 1 PANGGANG JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23852Keywords:
Implementasi sekolah ramah anakAbstract
ABSTRACT This study aims to determine the methods that can be used to implement a child-friendly school program to fulfill children's rights at SDN 1 Panggang Jepara and determine the factors that support and oppose the implementation of SRA. The results of previous observations recorded 1,229 cases of violence against children in 2021, while in Jepara Regency there were 31 cases of violence in the same year. The government is trying to address this problem by procuring a child-friendly school program. Descriptive qualitative methods were used in this study. Data were collected through observation, interviews, and documentation. After that, it was analyzed through reduction, presentation, and conclusion. The results of the study showed that SRA implemented at SDN 1 Panggang has been running well by meeting 6 indicators, namely: School policies, Curriculum implementation, Educators and education personnel who are trained in children's rights, Facilities and infrastructure, Children's participation, Parent/guardian participation, Community institutions, the business world, stakeholders, and alumni. Based on the research, the SRA program is good with the formation of anti-violence policies, enjoyable education, adequate resources and equipment, active child participation, trained human resources for children's rights, good participation of parents/guardians. Supporting factors in the implementation of SRA in this school are professional educator human resources, adequate facilities and infrastructure, and honing children's talents well. However, the inhibiting components of the SRA program in this school are operational costs for activities and the small number of toilets and the noisy school environment because it is close to the highway making children uncomfortable and there is no support from community institutions, businesses, and alumni. The conclusion is that the implementation has been going well and in accordance with national standards but there are still some shortcomings in fulfilling children's rights. Keywords: Program implementation, fulfillment of children's rights, child-friendly schools. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode yang dapat digunakan untuk menerapkan program sekolah yang ramah anak untuk memenuhi hak anak di SDN 1 Panggang Jepara serta menentukan faktor yang mendukung dan menentang pelaksanaan SRA. Hasil observasi sebelumnya tercatat 1.229 kekerasan terhadap anak di tahun 2021, sedangkan di Kabupaten Jepara terdapat 31 kasus kekerasan pada tahun yang sama. Pemerintah berupaya menangani masalah ini dengan pengadaan progam sekolah ramah anak. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelahnya, dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SRA diterapkan di SDN 1 Panggang sudah berlajan baik dengan memenuhi 6 indikator yaitu sebagai berikut: Kebijakan sekolah, Pelaksanaan kurikulum, Pendidik dan Tenaga kependidikan yang terlatih hak anak, Sarana dan Prasarana, Partisipasi anak, Partisipasi orangtua/wali, Lembaga Masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan, dan alumni. Berdasarkan penelitian progam SRA sudah baik dengan adanya pembentukan kebijakan yang anti kekerasan, pendidikan yang menyenangkan, sumber daya dan perlengkapan yang memadai, partisipasi anak aktif, SDM terlatih hak anak, partisipasi orangtua/wali yang baik. Faktor pendukung dalam implementasi SRA di sekolah ini yaitu SDM pendidik profesional, sarana dan prasarana memadai, serta mengasah bakat anak dengan baik. Namun, komponen penghambat dari progam SRA disekolah ini yaitu biaya operasional untuk kegiatan dan jumlah toilet sedikit serta lingkungan sekolah yang bising karena dekat jalan raya membuat anak kurang nyaman serta tidak ada dukungan dari lembaga masyarakat, bisnis, dan alumni. Kesimpulannya yaitu Implementasi sudah berjalan baik dan sesuai standar nasional namun masih ada beberapa kekurangan dalam pemenuhan hak anak. Kata Kunci: Implementasi progam, pemenuhan hak anak, sekolah ramah anak.Downloads
References
Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975
Ananda, K., Silalahi, J. N., Desiana, N., & Aprileony, K. (2022). Pemenuhan Hak Anak dalam Keluarga Nelayan Keramba di Daerah Aliran Sungai Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya. Jurnal Sosiologi, V(1), 19–28. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JSOS/article/view/8102
Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Filadelvia Hurai Ibo, Y., & Lorensius, L. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Katolik Kota Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 7(1), 12–25. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156
Hidayat, M., Muhammad, A., & Pemasyarakatan, P. I. (2023). Pemenuhan Hak Anak Dalam Menunjang Pemasyarakatan Yang Mengedepankan Hak Asasi Manusia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 302. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1053
Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745
Ikbal, M., Moeins, A., & Pragiwani, M. (2020). Pengelolaan Lingkungan dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 45 Jakarta (Environmental Management in Realizing Child Friendly Schools at SMA Negeri 45 Jakarta). STIE Indonesia, 1–13. http://repository.stei.ac.id/1467/1/Publikasi Nasional Indonesia.pdf
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nuraeni, L., Andrisyah, & Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatakan Kompetensi Sosial. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(1), 6–15.
Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755
Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal …, 5(1), 1–12.
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479–1491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956
Purbonuswanto, W., Hadi, S., & Hartati, C. D. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak ( SRA ) dalam rangka pemenuhan hak-hak anak pada SMP N 3 Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9.
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10, 24–30.
Putri, Y., & Rahaju, T. (2020). Implementasikebijakan Sekolah Ramah Anak Di Sma Negeri 3 Kota Kediri. Publika, 8(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32042%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/32042/29063
Rahmawati, F., & Supriyoko. (2022). Manajemen Program Sekolah Ramah Anak dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 182–193. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8006
Rismayani, R., Afiif, A., Alwi, B. M., & Ismail, I. (2021). Pencapaian Indikator Sekolah Ramah Anak Pada Paud Di Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 26. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21545
Sukanta, I. K. (2022). Determinasi Hukuman Sebagai Alat Pendidikan Terhadap Perilaku Peserta Didik. Suluh Pendidikan, 20(1), 59–71. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.418
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Tusriyanto, & Yuliwulandana, N. (2020). PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN PESERTA DIDIK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD KOTA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.