PENERAPAN MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23829Keywords:
keterampilan membaca pemahaman, model CIRC, media kartu kataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 4 Ngembalrejo dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media kartu kata. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, hanya 31% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 63,63%, dan setelah refleksi serta perbaikan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 90,90%. Simpulan dari penelitian ini pada penerapan model CIRC dengan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.Downloads
References
Amelia, F. T. R., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2024). Meta Analisis: Efektivitas Model Circ dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.21009/bahtera.231.04
Ariana, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Santika Jiken Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama.
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687
Darmuki, A. (2020b). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 21–27. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12050
Fadhila, I. N., Fathurohman, I., & Setiawaty, R. (2023). Nilai Peduli Sesama Pada Kumpulan Dongeng Nusantara Karya Wahyu Astuti. Prasasti Ilmu: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–8.
Hendrisman, H., Yuhasnil, Y., & Hasmi, L. (2023). Penggunaan Model Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Menulis Artikel. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP). https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i2.5630
Hermawati, A., Houtman, H., Ardiasih, L. S., & Saabighoot, Y. A. (2022). Pengaruh Model CIRC dan Teknik Close Reading Terhadap Membaca Kritis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i1.1348
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1030
Misi, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Siswa Kelas III SDK Roworeke 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Literasi Pendidikan Dan Humaniora, 6(3), 8–15.
Nani, N., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205
Oktaningrum, N. A., Heldayani, E., & Selegi, S. F. (2021). Efektivitas Model CIRC Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 91 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2850
Roja, V. M., Rosyadi, I. U., & Setiawaty, R. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Teks Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 5 Dersalam. 3(1).
Setiawaty, R. (2019). Bentuk-bentuk Kebahasaan Melayu Pattani dalam Praktik Pidato BIPA dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 99–115. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6865
Taufik, T., Imansyah, M. N., & Yulianti, E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.285
Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2021). The Uniqueness of STAD and CIRC Models in Poetry Learning (Keunikan Model STAD dan CIRC dalam Pembelajaran Puisi). Indonesian Language Education and Literature. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6154
Zulfa, L., Safari, R. A., Damayanti, A. N., & Setiawaty, R. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Systematic Literature Review. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 4–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.