IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM BERKEMAJUAN DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23794Keywords:
pendidikan karakter, islam berkemajuan, profil pelajar pancasilaAbstract
Tujuan pendidikan Muhammadiyah adalah untuk menghasilkan individu yang cerdas secara religius dan intelektual yang dapat menggunakan akal dan ilmu pengetahuan untuk mengatasi masalah-masalah masyarakat. Tujuan pendidikan karakter juga untuk membantu generasi penerus berkembang menjadi manusia seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi lebih dalam memahami implementasi penguatan proyek profil pelajar pancasila pada pendidikan karakter islam berkemajuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian ini, dengan tujuan untuk menganalis implementasi pendidikan karakter islam berkemajuan dan profil pelajar pancasila di SMA Muhammadiyah 1 Taman yang mencakup tahap perencanaan, tahap implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa islam berkemajuan dalam profil pelajar pancasila diidentikkan pada 6 elemen yaitu: Beriman bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong – royomg, Mandiri, Berfikir kritis, Kreatif. Dan juga terdapat 4 langkah untuk mengimplementasikan pembentukan karakter islam berkemajuan dalam profil pelajar pancasila di sekolahDownloads
References
Adil Winata Surya Pratama, Intan Nuraini, Tuti Adhi Thama, Mochamad Hardiansyah, And Milana Abdilah Subarkah. 2024. “Pendidikan Karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Era Disrupsi.” Masterpiece: Journal Of Islamic Studies And Social Sciences 2(1):13–22. Doi: 10.62083/Zrqk1m91.
Ali, Mohamad. 2016. “Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah.” Profetika: Jurnal Studi Islam 17(01):43–56. Doi: 10.23917/Profetika.V17i01.2099.
Anissa, Siti Nur, Lola Amanda, Himarani Hidayatulloh Yudhomiranti, Zahrah Sudirman, Agus Setya Wardhana, Astika Nurul Hidayah, Alamat Jl, Raya Dukuhwaluh, And Kabupaten Banyumas. 2024. “Membangun Generasi Cerdas Dan Berakhlak : Kontribusi Muhammadiyah Dalam Pendidikan Modern.” 2.
Ardiansyah, Risnita, And M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. Doi: 10.61104/Ihsan.V1i2.57.
Aviyah, Iin Inayatus, And Rahmad Salahuddin. 2024. “Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Komunikatif Dan Bertanggung Jawab Di Sma Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 11(2):146–55. Doi: 10.31102/Alulum.11.2.2024.146-155.
Busahdiar, Busahdiar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, And Sri Wahyuni. 2023. “Article · August 2023.” (August). Doi: 10.32507/Fikrah.V7i1.2029.
Djauhari, Achmad. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Dengan Metode Shibghah.” Instruksional 2(2):93–102.
Faridli, Efi Miftah, Sofyan Anif, Harun Joko Prayitno, And Ahmad Muhibbin. 2024. “Revolusi Pendidikan Indonesia: Harmoni Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Kecakapan Abad-21.” Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia 10(1):194. Doi: 10.29210/1202423796.
Fitrah, Muh., And Dedi Kusnadi. 2022. “Integration Of Islamic Values In Teaching Mathematics As A Form Of Strengthening Students’ Character.” Jurnal Eduscience 9(1):152–67.
Francisca, Lidea, Shifa Diarsi, Vivi Indri Asrini, M. Rizki Handrajati, And Ahmad Adenan. 2022. “Kebhinekaan Dan Keberagaman : Integrasi Agama Ditengah Pluralitas.” Alsys 2(2):233–44. Doi: 10.58578/Alsys.V2i2.257.
Hasbullah. 2022. “Pendidikan Islam Berkemajuan Berbasis Nilai-Nilai Multikultural Di Smk Muhammadiyah Pringsewu Lampung.” 25–95.
Hasibuan, Nelson. 2024. Menuju Sdm Unggul Dan.
Humanities, Social, Pendidikan Agama Islam, And Universitas Ahmad Dahlan. 2020. “Pengembangan Pendidikan Islam Berkemajuan.” 1(1):55–66.
Ibraini, Channigiavani Kaba, Sastra Hadi Wijaya, And Dholina Inang Pambudi. 2023. “Implementasi Penerapan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran P5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Muhammadiyah Kalipakem 1.” 1990–95.
Idris, Muh, And Sabil Mokodenseho. 2021. “Model Pendidikan Islam Progresif.” J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7(2):72–86. Doi: 10.18860/Jpai.V7i2.11682.
Kossah, Arifah Uswatun, Hariyanto Sofyan Benyal, And Romelah Romelah. 2022. “Islam Berkemajuan: Muhammadiyah Sebagai Pembaharu Pendidikan Dalam Laju Zaman.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):67–79. Doi: 10.32528/Tarlim.V5i1.7149.
Kusumawati, Endah Tri, Abdul, Munir Mulkhan, And Zamah Sari. 2023. “Pemaknaan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Praksis Pendidikan Kh Ahmad Dahlan.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(3):2023.
Laily, Irene Mardiatul, Anita Puji Astutik, And Budi Haryanto. 2022. “Instagram Sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam Di Era 4.0.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):160–74. Doi: 10.31538/Munaddhomah.V3i2.250.
Lisabella, Margaretha. 2013. “Model Analisis Interaktif Miles And Huberman.” Universitas Bina Darma 3.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, And Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6(5):7840–49. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i5.3617.
Muhammad, Mahdi, Inayatul Khaqu Al-Amini, Siti Duwi Lestari, And Astika Nurul Hidayah. 2023. “Islam Berkemajuan Dan Islam Liberal : Sebuah Komparasi.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(6):223–28.
Mukhlis, Abdul, Baqyiyatul Izzah, Diah Puspitaningum, And Rissa Shofiani. 2024. “Pelatihan Menulis Kreatif Dan Ilmiah Sebagai Wahana Berlatih Berpikir Kritis Di Sma Sains Cahaya Al-Qur ’ An Kota Pekalongan.” 8:3485–95.
Muktamar, Ahmad, Hendrawan Yusri, Besse Reski Amalia, Indo Esse, And Sahria Ramadhani. 2024. “Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa.” Journal Of International Multidisciplinary Research 2(2):5.
Muthrofin, Khoirul, And Fathurrahman. 2024. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dan Madrasah Khoirul Muthrofin Fathurrahman Hasil Penelitian Dari Programme For International Student Assessment ( Pisa ) Menunjukkan Bahwa 70 % Siswa Berusia 15 Tahun Berada Di Bawah Kompetensi Minimum D.” Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam (3).
Noor Af. 2013. “Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Pendidikan Karakter.” Anterior Jurnal 12(1):54–60.
Pancasila, Pelajar, Dwi Royyand, Firdaus Ma, Rahma Maulina Khariri, And Galih Istiningsih. 2024. “Indigenesasi Karakter K . H Ahmad Dahlan " Etika Welas Asih ".”
Pratama, Andry. 2023. “Hamka Pendidikan Islam.” 3(July):1–9.
Raviki, Ahmad. N.D. “Pendidikan Islam Berkemajuan.” 305–20.
Rofiqi, A. 2023. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Karakter 14:166–76.
Rozikin, Mochamad Choirur, And Anita Puji Astutik. 2021. “Implementation Of Character Education In Islamic Boarding Schools.” Academia Open 4:1–11. Doi: 10.21070/Acopen.4.2021.2544.
Rusmawati, Putri. 2024. “Pengarusutamaan Integrasi Keilmuan Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Baru Menuju Islam Berkemajuan.” Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi 1(1):11–22.
Safikri Taufiqurrahman. 2023. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Kainah: Journal Of Islamic Studies 2(2):91–105. Doi: 10.69698/Jis.V2i2.466.
Sagala, Kartika, Lamhot Naibaho, And Djoys Anneke Rantung. 2024. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi 6(01):1–8. Doi: 10.53863/Kst.V6i01.1006.
Salahudin, Syamsul Hidayat, Muthoifin. N.D. “Nilai-Nilai Pendidikan Berkemajuan Dalam Q.S Al-Alaq Ayat 1-5.” 5.
Saputra, Firgiawan Rangga Dkk. 2023. “Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(02):102–13.
Ufairoh, Fania, Fitri Baniaturrohmah, Fahmi Faisal Akbar, And Muhammad Alif. 2023. “Peran Project P5 Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Kasihan.” 2350–59.
Adil Winata Surya Pratama, Intan Nuraini, Tuti Adhi Thama, Mochamad Hardiansyah, And Milana Abdilah Subarkah. 2024. “Pendidikan Karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Era Disrupsi.” Masterpiece: Journal Of Islamic Studies And Social Sciences 2(1):13–22. Doi: 10.62083/Zrqk1m91.
Ali, Mohamad. 2016. “Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah.” Profetika: Jurnal Studi Islam 17(01):43–56. Doi: 10.23917/Profetika.V17i01.2099.
Anissa, Siti Nur, Lola Amanda, Himarani Hidayatulloh Yudhomiranti, Zahrah Sudirman, Agus Setya Wardhana, Astika Nurul Hidayah, Alamat Jl, Raya Dukuhwaluh, And Kabupaten Banyumas. 2024. “Membangun Generasi Cerdas Dan Berakhlak : Kontribusi Muhammadiyah Dalam Pendidikan Modern.” 2.
Ardiansyah, Risnita, And M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. Doi: 10.61104/Ihsan.V1i2.57.
Aviyah, Iin Inayatus, And Rahmad Salahuddin. 2024. “Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Komunikatif Dan Bertanggung Jawab Di Sma Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 11(2):146–55. Doi: 10.31102/Alulum.11.2.2024.146-155.
Busahdiar, Busahdiar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, And Sri Wahyuni. 2023. “Article · August 2023.” (August). Doi: 10.32507/Fikrah.V7i1.2029.
Djauhari, Achmad. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Dengan Metode Shibghah.” Instruksional 2(2):93–102.
Faridli, Efi Miftah, Sofyan Anif, Harun Joko Prayitno, And Ahmad Muhibbin. 2024. “Revolusi Pendidikan Indonesia: Harmoni Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Kecakapan Abad-21.” Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia 10(1):194. Doi: 10.29210/1202423796.
Fitrah, Muh., And Dedi Kusnadi. 2022. “Integration Of Islamic Values In Teaching Mathematics As A Form Of Strengthening Students’ Character.” Jurnal Eduscience 9(1):152–67.
Francisca, Lidea, Shifa Diarsi, Vivi Indri Asrini, M. Rizki Handrajati, And Ahmad Adenan. 2022. “Kebhinekaan Dan Keberagaman : Integrasi Agama Ditengah Pluralitas.” Alsys 2(2):233–44. Doi: 10.58578/Alsys.V2i2.257.
Hasbullah. 2022. “Pendidikan Islam Berkemajuan Berbasis Nilai-Nilai Multikultural Di Smk Muhammadiyah Pringsewu Lampung.” 25–95.
Hasibuan, Nelson. 2024. Menuju Sdm Unggul Dan.
Humanities, Social, Pendidikan Agama Islam, And Universitas Ahmad Dahlan. 2020. “Pengembangan Pendidikan Islam Berkemajuan.” 1(1):55–66.
Ibraini, Channigiavani Kaba, Sastra Hadi Wijaya, And Dholina Inang Pambudi. 2023. “Implementasi Penerapan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran P5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Muhammadiyah Kalipakem 1.” 1990–95.
Idris, Muh, And Sabil Mokodenseho. 2021. “Model Pendidikan Islam Progresif.” J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7(2):72–86. Doi: 10.18860/Jpai.V7i2.11682.
Kossah, Arifah Uswatun, Hariyanto Sofyan Benyal, And Romelah Romelah. 2022. “Islam Berkemajuan: Muhammadiyah Sebagai Pembaharu Pendidikan Dalam Laju Zaman.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):67–79. Doi: 10.32528/Tarlim.V5i1.7149.
Kusumawati, Endah Tri, Abdul, Munir Mulkhan, And Zamah Sari. 2023. “Pemaknaan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Praksis Pendidikan Kh Ahmad Dahlan.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(3):2023.
Laily, Irene Mardiatul, Anita Puji Astutik, And Budi Haryanto. 2022. “Instagram Sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam Di Era 4.0.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):160–74. Doi: 10.31538/Munaddhomah.V3i2.250.
Lisabella, Margaretha. 2013. “Model Analisis Interaktif Miles And Huberman.” Universitas Bina Darma 3.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, And Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6(5):7840–49. Doi: 10.31004/Basicedu.V6i5.3617.
Muhammad, Mahdi, Inayatul Khaqu Al-Amini, Siti Duwi Lestari, And Astika Nurul Hidayah. 2023. “Islam Berkemajuan Dan Islam Liberal : Sebuah Komparasi.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(6):223–28.
Mukhlis, Abdul, Baqyiyatul Izzah, Diah Puspitaningum, And Rissa Shofiani. 2024. “Pelatihan Menulis Kreatif Dan Ilmiah Sebagai Wahana Berlatih Berpikir Kritis Di Sma Sains Cahaya Al-Qur ’ An Kota Pekalongan.” 8:3485–95.
Muktamar, Ahmad, Hendrawan Yusri, Besse Reski Amalia, Indo Esse, And Sahria Ramadhani. 2024. “Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa.” Journal Of International Multidisciplinary Research 2(2):5.
Muthrofin, Khoirul, And Fathurrahman. 2024. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dan Madrasah Khoirul Muthrofin Fathurrahman Hasil Penelitian Dari Programme For International Student Assessment ( Pisa ) Menunjukkan Bahwa 70 % Siswa Berusia 15 Tahun Berada Di Bawah Kompetensi Minimum D.” Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam (3).
Noor Af. 2013. “Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Pendidikan Karakter.” Anterior Jurnal 12(1):54–60.
Pancasila, Pelajar, Dwi Royyand, Firdaus Ma, Rahma Maulina Khariri, And Galih Istiningsih. 2024. “Indigenesasi Karakter K . H Ahmad Dahlan " Etika Welas Asih ".”
Pratama, Andry. 2023. “Hamka Pendidikan Islam.” 3(July):1–9.
Raviki, Ahmad. N.D. “Pendidikan Islam Berkemajuan.” 305–20.
Rofiqi, A. 2023. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Karakter 14:166–76.
Rozikin, Mochamad Choirur, And Anita Puji Astutik. 2021. “Implementation Of Character Education In Islamic Boarding Schools.” Academia Open 4:1–11. Doi: 10.21070/Acopen.4.2021.2544.
Rusmawati, Putri. 2024. “Pengarusutamaan Integrasi Keilmuan Islam Dan Sains Di Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Baru Menuju Islam Berkemajuan.” Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi 1(1):11–22.
Safikri Taufiqurrahman. 2023. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Kainah: Journal Of Islamic Studies 2(2):91–105. Doi: 10.69698/Jis.V2i2.466.
Sagala, Kartika, Lamhot Naibaho, And Djoys Anneke Rantung. 2024. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi 6(01):1–8. Doi: 10.53863/Kst.V6i01.1006.
Salahudin, Syamsul Hidayat, Muthoifin. N.D. “Nilai-Nilai Pendidikan Berkemajuan Dalam Q.S Al-Alaq Ayat 1-5.” 5.
Saputra, Firgiawan Rangga Dkk. 2023. “Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(02):102–13.
Ufairoh, Fania, Fitri Baniaturrohmah, Fahmi Faisal Akbar, And Muhammad Alif. 2023. “Peran Project P5 Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Kasihan.” 2350–59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.