IMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB MADIN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 PANDAAN

Authors

  • Dian Sukmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rahmad Salahuddin Tri Putra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23791

Keywords:

: Implementasi, Kebijakan , Madrasah Diniyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Menganalisis sejauh mana kebijakan wajib madin diterapkan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Pandaan sebagai bagian dari sistem pendidikan karakter di Kabupaten Pasuruan dan juga untuk mengidentifikasi tantangan dan juga kendala yang dihadapi dalam pelaksaan program wajib madin di sekolah dasar. Penelitian ini sangat penting dilakukan dikarenakan kebijakan wajib Madrasah Diniyah (Madin) merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam membangun pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman, khususnya di Kabupaten Pasuruan. Namun, pelaksanaan kebijakan ini masih menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya sumber daya, dan kesulitan menyesuaikan program ini dengan kegiatan di sekolah formal, sementara fokus penelitian ini yaitu untuk memperkuat penelitian sebelumnya, jika hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan wajib Madin efektif, maka penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menyatakan program ini berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran langsung pelaksanaan kebijakan, sedangkan wawancara digunakan untuk menggali informasi mendalam dari berbagai pihak terkait. Dokumentasi mendukung data yang diperoleh melalui sumber-sumber tertulis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis Madin di tingkat sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Вы12у(235):245.

Istiyani, Dwi. 2017. “Tantangan Dan Eksistensi Madrasah Diniyah Sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia Islamika 2(1):127. Doi: 10.28918/Jei.V2i1.1665.

Izzah, Marisa, And Nurul Zuriah. 2018. “Tentang Wajib Belajar Pendidikan Madrasah Dinas Pendidikan Bidang Pergurag Yang Tentang Wajib Belajar Pendidikan Madrasah.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 6(1):48–62.

Marzuqi, Ahzab. 2022. “Internalisasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7(1):61–76. Doi: 10.25299/Al-Thariqah.2022.Vol7(1).8351.

Pattiran, M., Songbes, A, M, H., Arrang, R., Herman., Vanchapo, A, R., &. Muhammadong. 2024. “Strategi Pendidikan Karakter : Membentuk Etika Dan Nilai Pada Generasi Muda.” Journal On Education 06(02):11369–76.

Peraturan Bupati (Perbup). 2016. “Perbup-No-21-Tahun-2016-Tentang-Wajib-Belajar-Pendidikan-.” Peraturan Perundang-Undangan 139–41.

Qomari, Rohmad. 1970. “Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Kependidikan.” Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14(3):527–39. Doi: 10.24090/Insania.V14i3.372.

Rakhma, Rakhmatusakdiyah, And Ida Rindanigsih. 2024. “Human Resource Management Strategies In The Development Of Educational Entrepreneurship At Muhammadiyah 3 Pandaan Elementary School.” Academic Journal Research 2(1):1–7. Doi: 10.61796/Acjoure.V2i1.34.

Rika Widianita, Dkk. 2023. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar.” At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam Viii(I):1–19.

Riyono, Riyono. 2018. “The Synergy Of School And Madrasah Diniyah In Implementing Full Day School.” 125(Icigr 2017):206–10. Doi: 10.2991/Icigr-17.2018.50.

Sofwatillah, Risnita, M. Syahran Jailani, And Deassy Arestya Saksitha. 2024. “Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah.” Journal Genta Mulia 15(2):79–91.

Unique, Aflii. 2016. “Kebijakan Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an Di Kabupaten Pasuruan.” (0):1–23.

Wajib, Tentang, And Madrasah Diniyah. N.D. “Respon Kebijakan Pemerintah Desa Terhadap Peraturan Bupati Tentang Wajib Madrasah Diniyah.” 7–14.

Downloads

Published

2025-03-29