ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23774Keywords:
Media Film, Proses Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Fokus penelitian ini adalah terkait implementasi media pembelajaran berbasis film pada mata pelajaran SKI di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dengan pendekatan kualitatif Studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa. Sedangkan pengumpulan data terhadap pelaksanaan penelitian penulis melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan Teknik triangulasi pengumpulan data untuk memastikan data itu benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII yaitu, guru SKI sudah melakukan langkahlangkah penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII sesuai dengan teori yang ada. (2) faktor pendukung dan penghambat yaitu, faktor pendukung penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film meliput, ketersediaan alat dan media di madrasah sebetulnya sudah cukup memadai seperti infocus dan computer, ketersediaan buku di perpustakaan cukup memadai dan pada faktor penghambat tidak ditemukan bahwa guru SKI mengalami kesulitan ketika menghadapi kemampuan siswa. Guru SKI juga tidak tampak mengalami kesulitan dalam menentukan film yang sesuai dengan materi pelajaranDownloads
References
Abd Rahman BP, Sabjayati Ari
Munandar, Andi Fitriani, Yuyun
Karlina, Yumriani.(2022)
“Pengertian pendidikan, ilmu
pendidikan dan unsur-unsur
pendidikan”. Al Urwatul Witsqa.
Vol. 2 No. 1
Abdul Majid dan Chaerul Rochman.
(2013) Pendekatan Ilmiah
Dalam Implementasi Kurikulum
Diedit oleh PT Remaja Rosda
Karya. Bandung.
Amin, Moh nasrul, (2019),
“Pemanfaatan Media
Pembelajaran dalam
Pembelajaran SKI MI”.
Awwaliyah: Jurnal Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol.
2 No. 2.
https://doi.org/https://doi.org/10
.58518/awwaliyah.v2i2.447.
Apriliany, Lenny, (2021) “Peran Media
Film Dalam Pembelajaran
Sebagai”. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Program
Pascsarjana Universitas PGRI
Palembang 15-16.
Eka Yanuarti, Cintia Nur Jannash,
Melisa Eka Putri, Mesi Sulastri,
Nada Magfiroh. (2023),
“ANALISIS MODEL
PEMBELAJARAN PICTURE
AND PICTURE PADA
PEMBELAJARAN SKI DI MTS
NEGERI 2 KEPAHIANG”.
Jurnal Ilmial Pendidikan
Kebudayaan dan Agama. Vol.
1 No. 4
https://doi.org/https://doi.org/10
.59024/jipa.v1i4.361.
Ekayani, Ni luh Putu, (2017),
“PENTINGNYA
PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA”. Jurnal
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitan Pendidikan
Ganesha Singaraja. Vol. 2
Fadilah, Aisyah et al, (2023)
“Pengertian Media, Tujuan,
Fungsi, Manfaat dan Urgensi
Media Pembelajaran”. Journal
of Student Research (JSR).
Vol. 1 No. 2.
Kaniawati, Elsa et al, (2023), “Evaluasi
Media Pembelajaran”. Journal
of Student Research (JSR).
Vol. 1 No. 2.
https://doi.org/https://doi.org/10
.55606/jsr.v1i2.954.
Lenggono, Wahyu, (2019), “Peran
Media ICT Pada Pembelajaran
Al Islam dan
Kemuhammadiyahan dan
Penggunaanya di SMP
Muhammadiyah 1 Purwokerto”.
At-Ta’lim. Vol. 18 No. 1.
https://doi.org/http://dx.doi.org/
10.29300/attalim.v18i1.1612.
Lestari, Yulita Dwi, (2023),
“Pentingnya Media
Pembelajaran dalam
Meningkatkan Hasil Belajar di
Sekolah Dasar”. Lentera:
Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Vol. 16 No. 1.
https://doi.org/10.52217/lenter
a.v16i1.1081.
Manshur, Umar, dan Maghfur
Ramdlani,(2020) “Media Audio
Visual Dalam Pembelajaran
Pai”. Al Murabbi. Vol. 5 No. 1.
https://doi.org/10.35891/amb.v
5i1.1854.
Miftah, M, (2013), “Fungsi, Dan Peran
Media Pembelajaran Sebagai
Upaya Peningkatan
Kemampuan Belajar Siswa”.
Kwangsan: Jurnal Teknologi
PendidikanJurnal Teknologi
Pendidikan. Vol. 1 No. 2.
tersedia pada
https://books.google.co.id/book
s?id=rhVNDwAAQBAJ&lpg=P
P1&hl=id&pg=PR4#v=onepag
e&q&f=false (2013).
Muhaimin, (2007), Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Agama
Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Nurrita, Teni, (2018),
“PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA”. Misykat:
Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an
Hadits Syari’ah dan Tarbiyah.
Vol. 03.
https://ejurnal.iiq.ac.id/index.ph
p/misykat/article/view/2229
(2018).
Shinta Agustira, Rina Rahmi, (2024),
“PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA
TINGKAT SD”. MUBTADI :
Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah.
Vol. 4 No. 2.
https://doi.org/https://doi.org/10
.19105/mubtadi.v4i1.6267.
Sudirman et al, (2023), “Proses
Belajar Dan Pembelajaran
Pendidikan Dan Studi Islam”
Vol. 7. Bandung: CV. Media
Sains Indonesia.
Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni, Siti
Tasifah, Nova Triyanti, dan Siti
Patimah Dina Auliah, Indah
Laila,( 2023), “PENDIDIKAN
ANAK DALAM ISLAM S”.
Bunayya: Jurnal Pendidikan
Anak. Vol. VI.
https://doi.org/https://dx.doi.org
/10.22373/bunayya.v6i2.7345.
Widanda, Mar’atul Azizah & Rina
bayu.(2023),
“PROBLEMATIKA
PEMBELAJARAN SKI DI MTs
SALAFIYAH SYAFIIYAH
BANDUNG DIWEK
JOMBANG”. Urwatul Wutsqo:
Jurnal Studi Kependidikan dan
Keislaman. Vol. 10 No. 1.
https://doi.org/https://doi.org/10
.54437/urwatulwutsqo.v14i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.