ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Zu’ama Anggun Larasati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Subhi Nur Ishaki Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Rikky Triolin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Qonita Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Septuri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23774

Keywords:

Media Film, Proses Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Fokus penelitian ini adalah terkait implementasi media pembelajaran berbasis film pada mata pelajaran SKI di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dengan pendekatan kualitatif Studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa. Sedangkan pengumpulan data terhadap pelaksanaan penelitian penulis melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan Teknik triangulasi pengumpulan data untuk memastikan data itu benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII yaitu, guru SKI sudah melakukan langkahlangkah penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII sesuai dengan teori yang ada. (2) faktor pendukung dan penghambat yaitu, faktor pendukung penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film meliput, ketersediaan alat dan media di madrasah sebetulnya sudah cukup memadai seperti infocus dan computer, ketersediaan buku di perpustakaan cukup memadai dan pada faktor penghambat tidak ditemukan bahwa guru SKI mengalami kesulitan ketika menghadapi kemampuan siswa. Guru SKI juga tidak tampak mengalami kesulitan dalam menentukan film yang sesuai dengan materi pelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman BP, Sabjayati Ari

Munandar, Andi Fitriani, Yuyun

Karlina, Yumriani.(2022)

“Pengertian pendidikan, ilmu

pendidikan dan unsur-unsur

pendidikan”. Al Urwatul Witsqa.

Vol. 2 No. 1

Abdul Majid dan Chaerul Rochman.

(2013) Pendekatan Ilmiah

Dalam Implementasi Kurikulum

Diedit oleh PT Remaja Rosda

Karya. Bandung.

Amin, Moh nasrul, (2019),

“Pemanfaatan Media

Pembelajaran dalam

Pembelajaran SKI MI”.

Awwaliyah: Jurnal Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol.

2 No. 2.

https://doi.org/https://doi.org/10

.58518/awwaliyah.v2i2.447.

Apriliany, Lenny, (2021) “Peran Media

Film Dalam Pembelajaran

Sebagai”. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Program

Pascsarjana Universitas PGRI

Palembang 15-16.

Eka Yanuarti, Cintia Nur Jannash,

Melisa Eka Putri, Mesi Sulastri,

Nada Magfiroh. (2023),

“ANALISIS MODEL

PEMBELAJARAN PICTURE

AND PICTURE PADA

PEMBELAJARAN SKI DI MTS

NEGERI 2 KEPAHIANG”.

Jurnal Ilmial Pendidikan

Kebudayaan dan Agama. Vol.

1 No. 4

https://doi.org/https://doi.org/10

.59024/jipa.v1i4.361.

Ekayani, Ni luh Putu, (2017),

“PENTINGNYA

PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN UNTUK

MENINGKATKAN PRESTASI

BELAJAR SISWA”. Jurnal

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitan Pendidikan

Ganesha Singaraja. Vol. 2

Fadilah, Aisyah et al, (2023)

“Pengertian Media, Tujuan,

Fungsi, Manfaat dan Urgensi

Media Pembelajaran”. Journal

of Student Research (JSR).

Vol. 1 No. 2.

Kaniawati, Elsa et al, (2023), “Evaluasi

Media Pembelajaran”. Journal

of Student Research (JSR).

Vol. 1 No. 2.

https://doi.org/https://doi.org/10

.55606/jsr.v1i2.954.

Lenggono, Wahyu, (2019), “Peran

Media ICT Pada Pembelajaran

Al Islam dan

Kemuhammadiyahan dan

Penggunaanya di SMP

Muhammadiyah 1 Purwokerto”.

At-Ta’lim. Vol. 18 No. 1.

https://doi.org/http://dx.doi.org/

10.29300/attalim.v18i1.1612.

Lestari, Yulita Dwi, (2023),

“Pentingnya Media

Pembelajaran dalam

Meningkatkan Hasil Belajar di

Sekolah Dasar”. Lentera:

Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Vol. 16 No. 1.

https://doi.org/10.52217/lenter

a.v16i1.1081.

Manshur, Umar, dan Maghfur

Ramdlani,(2020) “Media Audio

Visual Dalam Pembelajaran

Pai”. Al Murabbi. Vol. 5 No. 1.

https://doi.org/10.35891/amb.v

5i1.1854.

Miftah, M, (2013), “Fungsi, Dan Peran

Media Pembelajaran Sebagai

Upaya Peningkatan

Kemampuan Belajar Siswa”.

Kwangsan: Jurnal Teknologi

PendidikanJurnal Teknologi

Pendidikan. Vol. 1 No. 2.

tersedia pada

https://books.google.co.id/book

s?id=rhVNDwAAQBAJ&lpg=P

P1&hl=id&pg=PR4#v=onepag

e&q&f=false (2013).

Muhaimin, (2007), Pengembangan

Kurikulum Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Nurrita, Teni, (2018),

“PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN UNTUK

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR SISWA”. Misykat:

Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an

Hadits Syari’ah dan Tarbiyah.

Vol. 03.

https://ejurnal.iiq.ac.id/index.ph

p/misykat/article/view/2229

(2018).

Shinta Agustira, Rina Rahmi, (2024),

“PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN UNTUK

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR SISWA PADA

TINGKAT SD”. MUBTADI :

Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah.

Vol. 4 No. 2.

https://doi.org/https://doi.org/10

.19105/mubtadi.v4i1.6267.

Sudirman et al, (2023), “Proses

Belajar Dan Pembelajaran

Pendidikan Dan Studi Islam”

Vol. 7. Bandung: CV. Media

Sains Indonesia.

Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni, Siti

Tasifah, Nova Triyanti, dan Siti

Patimah Dina Auliah, Indah

Laila,( 2023), “PENDIDIKAN

ANAK DALAM ISLAM S”.

Bunayya: Jurnal Pendidikan

Anak. Vol. VI.

https://doi.org/https://dx.doi.org

/10.22373/bunayya.v6i2.7345.

Widanda, Mar’atul Azizah & Rina

bayu.(2023),

“PROBLEMATIKA

PEMBELAJARAN SKI DI MTs

SALAFIYAH SYAFIIYAH

BANDUNG DIWEK

JOMBANG”. Urwatul Wutsqo:

Jurnal Studi Kependidikan dan

Keislaman. Vol. 10 No. 1.

https://doi.org/https://doi.org/10

.54437/urwatulwutsqo.v14i1

Downloads

Published

2025-03-30