ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23768Abstract
This study aims to precisely identify students' errors based on Newman's theory in solving mathematical word problems related to addition and subtraction in 1st grade. The research was conducted at SD XYZ Bogor during the even semester of the 2024/2025 academic year. The sample consisted of three 1st-grade students from the 2024/2025 academic year who had mathematics test scores below the standard. These students were selected based on Newman's error classification criteria to serve as data sources for the study. The study focuses on identifying the types of errors students experience according to Newman's five error types, the factors contributing to these errors, and the strategies employed to address them. The data sources include two mathematics teachers and three 1st-grade students from SD XYZ Bogor. Data collection methods used in this study include observation, interviews, written tests, and documentation. The data analysis follows the interactive model by Miles and Huberman, which consists of data condensation, data display, and conclusion drawing. The results of the research showed that there are five types of students’ error according to Newman’s theory. Those are reading errors, comperhension errors, transformation errors, process skill errors, and encoding errors which were caused by many factors. In this study, the researcher also implemented some strategies to help the students understand and solve mathematical word problems related to addition and subtraction by doing role playing strategy, made learning video, quiz, and questions test according to students’ need. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara tepat kesalahan siswa berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita matematika terkait penjumlahan dan pengurangan di kelas 1. Penelitian ini dilaksanakan di SD XYZ Bogor pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel terdiri dari tiga siswa kelas 1 tahun ajaran 2024/2025 yang memiliki nilai tes matematika di bawah standar. Siswa-siswa ini dipilih berdasarkan kriteria klasifikasi kesalahan Newman untuk dijadikan sumber data penelitian. Penelitian ini berfokus pada mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dialami siswa menurut lima jenis kesalahan Newman, faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut, dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya. Sumber data meliputi dua guru matematika dan tiga siswa kelas 1 SD XYZ Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Di dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis kesalahan siswa menurut teori Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan jawaban yang disebabkan oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini, peneliti juga menerapkan beberapa strategi untuk membantu siswa memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika terkait penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan strategi bermain peran, membuat video pembelajaran, kuis, dan soal tes sesuai dengan kebutuhan siswa.Downloads
References
Miles, M. B., Huberman, A. M., and Saldana, J. Qualitative Data Analysis. Los Angeles: SAGE, 2014.
Newman, A. (1983). The Newman Language Of Mathematics Kit: Strategies For Diagnosis And Remediation. Sydney: Harcourt Brace Jovanovich Group.
Sukmawati, Anastasia Suci., et al. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. HUMANIKA: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum: 33-54.
Fauziah, Fifi Ainun and Erna Puji Astutik. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2022: 996-1007.
Fitrianingsih, Yulia., Laila Hayati, Dwi Novitasari, and Syahrul Azmi. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Trigonometri Dengan Metode Newman Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: 6250-6263.
Ismiasih, Novi. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Tahap Newman. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika: 109-116.
Isnaina, Zuyyina., Muhamad Reizal Muhaimin, and Wulan Sutriyani. (2022). Peranan Media Audio Visual pada Keaktifan Bertanya. JPM UIN Antasari: 38-50.
Labibah, Naila., Aries Tika Damayani, and Ryky Mandar Sari. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies: 208-216.
Media Indonesia. (2023). Retrieved from https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023
Murtiyasa, Budi and Shinta Wulandari. (2022). Problem Solving Ability According to Polya on System of Linear Equations in Two Variables Based on Student Learning Styles. Jurnal Didaktik Matematika: 261-279.
Ningrum, Fhela Vhantoria., Ellysia Wahyuni, and Muinah. (2024). Analisis Kesalahan Newman Masalah Matematika Kontekstual Persegi Panjang Siswa SMP N 10 Kotabumi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika: 1-15.
Nurwalidaisnimawati. (2022). Analisis Tipe Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Newman Di Sekolah Dasar. PENDIKNAS: Jurnal Pendidikan Dasar: 7-16.
Rosmiati, Fina and Rippi Maya. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: 1365-1374.
Sahara, Elvi., Roslian Lubis, Rahmatika Elindra, and Eva Yanti Siregar. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal): 1-6.
Siswanto, Eko, and Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah): 45-59.
Winsaputri, Kharisma Disti. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelasaikan Soal Kombinatorik. SUBSET: Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan (2024): 19-28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.