ANALISIS PENERAPAN PRINSIP SENI RUPA PADA KARYA SPLIT SELF "FACE" ART DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fatza Hermayanti Universitas Negeri Semarang
  • Eka Titi Andaryani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23765

Keywords:

Principles, Fine Arts, Split Self

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kreativitas siswa dalam menerapkan prinsip seni rupa melalui kegiatan Split Self "Face" Art sesuai dengan Kurikulum Merdeka di kelas V SDN Nongkosawit 02 Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengacu pada enam prinsip seni rupa, yaitu kesatuan, keserasian, dominasi, irama, keseimbangan, dan kesebandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 35,29% siswa mampu menerapkan seluruh prinsip dengan baik, 23,53% siswa menguasai lima prinsip, dan 23,53% lainnya memahami empat prinsip. Namun, masih terdapat 17,65% siswa yang hanya dapat menerapkan satu prinsip dalam gambar mereka. Kesatuan dan keserasian menjadi prinsip yang paling mudah dipahami dengan tingkat keberhasilan 88,24%, sedangkan kesebandingan menjadi tantangan terbesar bagi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memahami konsep dasar seni rupa, namun masih memerlukan penguatan dalam prinsip keseimbangan dan kesebandingan agar hasil karya lebih proporsional dan harmonis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmarani, R., & Mariati, P. (2021). Application of Project-Based Models in Fine Arts Learning Through Class Exhibitions As a Place for Creative Processes and Art Appreciation At University. Education and Human Development Journal, 6(2), 21–29. https://doi.org/10.33086/ehdj.v6i2.2192

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Perspektif Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4948

Hasanah, U., & Erdansyah, F. (2020). Prinsip Seni Rupa Dalam Menggambar Ornamen Melayu. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(2), 444. https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.21899

Inayah, F. (2023). Analisis Prinsip Seni Rupa Pada Karya Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2287–2301. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8045

Sandi, N. V. (2020). Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 79–87.

Song, S. M. (2024). Analysis of the Organization of the Special Education Basic Curriculum for Elementary, Middle, and High Schools in Special Schools. Korean Journal of Physical, Multiple and Health Disabilities, 67(4), 69–92. https://doi.org/10.20971/kcpmd.2024.67.4.69

Yulia Marni, Desyandri, & Farida Mayar. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah Dasar : Strategi Dan Praktek Terbaik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2658–2667. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.950

Downloads

Published

2025-03-28